GERAKAN SHUBUH JAMAAH NASIONAL #13

GERAKAN SHUBUH JAMAAH NASIONAL #13

#AgendaNH
#SemarakMuharram1438
#Muharram1438UNS

Dalam rangka memperingati MILAD 1 TAHUN GERAKAN SHUBUH JAMAAH NASIONAL (GSJN)

Dengan Bahagia Kami Persembahkan
MALAM BINA RUHIYAH GERAKAN SUBUH JAMAAH NASIONAL KE 13

dengan tema :
BANGKIT UNTUK BERJAYA, MEMBANGUN PERADABAN INDONESIA

Hari/Tanggal : Sabtu-Ahad, 1-2 Oktober 2016
Waktu : 19.30- selesai
Tempat : Di Aula Utama Masjid Nurul Huda UNS
Agenda : Taujih, Qiyamul Lail dan Solat Subuh Berjamaah.

Mari ajak teman dan saudara terbaikmu ikut meramaikan masjid serta berkontribusi dalam sejarah kebangkitan peradaban Indonesia bersama saudara muslim dari seluruh Indonesia

Siapkan INFAQ terbaikmu.
Peserta dimohon *MENGINAP*

______________
Supported by:

Takmir Masjid Nurul Huda | JN UKMI UNS | | Puskomda SOLORAYA | FSLDK INDONESIA

#BerkaryaUntukIndonesia
#FSLDKIndonesia

Profil Assosiasi Lembaga Al Qur’an Mahasiswa Indonesia (ALQUMI)

Profil Assosiasi Lembaga Al Qur’an Mahasiswa Indonesia (ALQUMI)

IMG_6724

 

  • Visi ALQUMI

Bersatu membudayakan dan membumikan semangat cinta Alquran dalam mencetak generasi rabbani berjiwa qurani

  • Misi ALQUMI
  1. Membangun pengelolaan lembaga secara profesional
  2. Menjalin hubungan silaturrahim untuk sinergisasi yang kuat di seluruh kampus se- Indonesia.
  3. Menggerakkan agenda pembinaan Alquran secara serempak di seluruh kampus se- Indonesia
  4. Menumbuhkan syiar Alquran di seluruh Indonesia

 

  • Tujuan ALQUMI
  1. Mensinergikan organisasi kealquranan antarkampus seluruh Indonesia
  2. Memberantas buta huruf Alquran di masing-masing kampus seluruh Indonesia
  3. Mendakwahkan Alquran kepada mahasiswa dan masyarakat dengan kegiatan-kegiatan qurani 
  • Fungsi ALQUMI
  1. Sebagai wadah silaturrahim lembaga kealquranan kampus seluruh Indonesia
  2. Sebagai wadah pembelajaran Alquran bagi mahasiswa
  3. Sebagai wadah pelaksanaan syiar qurani bagi mahasiswa dan masyarakat
Konferensi Mahasiswa Al Qur’an Nasional Hasilkan ALQUMI

Konferensi Mahasiswa Al Qur’an Nasional Hasilkan ALQUMI

IMG_6576

Bertempat di Universitas Sebelas Maret Surakarta, 23 Safar 1437 H atau 5 Desember 2015, 83 mahasiswa yang bersal dari 29 kampus di Indonesia menyepakati membentuk suatu organisasi bernama Asosiasi Lembaga Alquran Mahasiswa Indonesia yang disingkat ALQUMI. Sesuai dengan namanya, ALQUMI merupakan organisasi kemahasiswaan yang menjadi wadah bagi lembaga Alquran kampus di Inonesia.

Pembentukan ALQUMI merupakan tindak lanjut dari KQMN I di Universitas Negeri Malang pada tanggal 19-20 September 2015. KQMN I diikuti oleh beberapa universitas di Indonesia seperti, Universitas Negeri Malang, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Brawijaya dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang serta beberapa perwakilan dari perguruan tinggi lainnya.

Dalam hasil musyawarah KQMN II menetapkan Rendra Mochtar Habibie dari Universitas Sebelas Maret sebagai Presiden ALQUMI dan Imam Arifin dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai Wakil Presiden ALQUMI. Deklarasi ALQUMI dijadwalkan akan dilaksanakan berbarengan dengan acara Tabligh Akbar “Mewujudkan Kampus Qurani Seluruh Indonesia” yang akan dibersamai oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S., Ustadz Yusuf Mansur, dan Ustadz Syihabuddin Abdul Muiz.

ASOSIASI LEMBAGA ALQUR’AN MAHASISWA INDONESIA DIDEKLARASIKAN DI UNS

ASOSIASI LEMBAGA ALQUR’AN MAHASISWA INDONESIA DIDEKLARASIKAN DI UNS

12291717_532309390267295_851797988146208563_o

Dihadapan ribuan jamaah yang memadati Masjid Nurul Huda Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada Ahad 6 Desember 2015, sebanyak 29 perwakilan Perguruan Tinggi di Indonesia mendeklarasikan Asosiasi Lembaga Al Qur’an Mahasiswa Indonesia (ALQUMI).  Disaksikan oleh Rektor UNS Prof. DR. Ravik Karsidi, MS, Ketua Rabithah Ma’ahid Tahfidz AL Qur’an Indonesia Ust. Yusuf Mansur,  dan Ust.  Syihabudin Abdul Muiz Al Hafidz.

Berdirinya ALQUMI merupakan salah satu point yang dihasilkan dari Konferensi Mahasiswa Al Qur’an Nasional II yang diselenggarakan di UNS pada 4-6 Desember 2015. Sekitar 83 mahasiswa dari 29 Perguruan Tinggi di Indonesia ikut menghadiri  konferensi ini.  Sesuai dengan namanya, ALQUMI merupakan organisasi kemahasiswaan yang menjadi wadah bagi lembaga Al Quran Kampus di Indonesia.

Selain memutuskan berdirinya ALQUMi, konferensi ini juga menetapkan Rendra Mochtar Habibie dari UNS sebagai Ketua Umum ALQUMI dan Imam Arifin dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai wakil presiden ALQUMI.

Dalam sambutannya, Rektor UNS Prof. Ravik Karsidi mengapresiasi dan mendukung berdirinya ALQUMI sebagai bagian dari ikhtiar menyebarkan kebaikan menuju masyarakat Indonesia yang sholih dan sholihah. Juga menjadi wahana jaringan dianatara para pecinta dan penghafal Al Qur’an, saling berbagi dan belajar Al Qur’an, memupuk jiwa kebangsaan dan keIndonesiaan yang berwawasan AL Qur’an.

GLF: Seminar Manajemen KSEI dan Leadership

GLF: Seminar Manajemen KSEI dan Leadership

GLF FoSSEIKSEI (Kelompok Studi Ekonomi Islam) se-Jawa Tengah yang tergabung dalam Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI), maka dari itu, KEI (Kajian Ekonomi Islam) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan serangkaian acara GLF (Gathering Leadership Forum) merupakan kegiatan pelatihan manajerial, kepemimpinan, dan ajang silaturahmi bagi anggotanya dengan mengusung tema “Save Your Nature, Bright Your Future”. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari sabtu (16/5) hingga ahad (17/5) di Ruang Seminar Masjid Nurul Huda UNS serta di area Perkemahan Sekipan, Tawangmangu, Karanganyar.

Kegiatan yang dihadiri oleh 114 peserta yang terdiri dari 12 KSEI Se-regional Jawa Tengah ini diawali dengan kegiatan in door yang berupa seminar yang dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB. Seminar yang diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kapasitas pengetahuan serta keahlian ini dimulai dengan materi manajemen KSEI disampaikan oleh Maulana Syaiful Haq selaku koordinator Komisariat Jawa Tengah. Maulana menjelaskan tentang rencarana strategi, sumber daya insani, plan to win, integritas, dan kaderisasi.

Pemaparan materi selanjutnya yaitu mengenai Leadership In Me diberikan oleh Muhammad William Rahaditama selaku Presidium Nasional 4 tahun 2008/2009. William menyampaikan bahwa setiap orang harus terlibat dalam mensukseskan negara dan memiliki mindset bangsa dalam dirinya. William juga menekankan bahwa when you grow, your income will grow. Selanjutnya, materi Quantum Confidence diberikan oleh Indrawan Yudhi Prihanto. Indarawan menjelaskan tentang bagaimana meluruskan tujuan hidup dan mencintai mimpi.

Panitia GLF menuturkan dalam catatannya, dari kegiatan ini diharapkan KSEI se-Jawa Tengah dapat senantiasa menjadi lebih baik lagi, baik anggotanya, maupun organisasinya serta bertambah pengetahuan dan keahlian khususnya dalam bidang manajerial dan kepemimpinan atau leadership.

Silaturahim Pemuda Islam: Pemuda Islam Menjawab Tantangan Global

Silaturahim Pemuda Islam: Pemuda Islam Menjawab Tantangan Global

Ratusan pemuda Islam dan mahasiswa dari UNS dan berbagai lembaga berkumpul dalam acara Silaturahim Pemuda Islam, Ahad 12 April 2015. Bertempat di aula utama Masjid Nurul Huda UNS, kegiatan yang difasilitasi Masjid Nurul Huda UNS ini menghadirkan pembiacara Akmal Sjafril M.Pd.I dan M. Syukri Kurnia Rahman dari FSLDK Indonesia. Ustadz DR. Muinudillah Basri MA, yang sedianya akan menjadi pembicara berhalangan hadir dan digantikan Ustadz Aris Munandar dari Dewan Dakwah.

Mengingat saat ini islam digempur dari berbagai paham, mulai dari liberalism, sekulerisme, hingga yang radikal. Dimana semua hal itu adalah dampak dari sebuah globalisasi, dengan media sebagai ujung tombaknya. Pengaruh media inilah yang membuat umat muslim silau dengan peradaban hampa yang dibangun oleh barat. Dan ini menjerumuskan umat menjadi minder terhadap identitas mereka sebagai muslim.

Oleh karena itu, umat muslim haruslah memiliki kebanggaan terhadap identitas mereka sebagai seorang muslim. Sebab, hanyalah islam yang mampu membangun sebuah peradaban, dimana semua agama mampu berdampingan dengan damai, agama dan sains mampu berkolaborasi. Untuk menguat jati diri umat, maka umat perlu kembali kepada Al Qur’an dan As Sunnah sebagai penguat identitas. Itulah yang inti nasehat dari ketiga pembicara kepada para.

Namun, arus globalisasi ini akan sulit dibendung selama penyakit dalam tubuh umat belum mampu disembuhkan. Penyakit tersebut bernama ashobiyah terhadap golongan. Dimana penyakit ini mempengaruhi tubuh umat islam, yakni persatuan umat. Masing-masing golongan masih memperjuangakan golongan mereka masing-masing. Semoga Allah lekas mengangkat penyakit ini dari tubuh umat islam.

UNS Jadi Tuan Rumah Rakornas Lembaga Dakwah Kampus Teknik Ke 7

UNS Jadi Tuan Rumah Rakornas Lembaga Dakwah Kampus Teknik Ke 7

Jum’at (10/4), Sentra Kegiatan Islam (SKI) dan Bedan Kerohanian Islam (BKI) FT UNS pada kesempatan ini  menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan agenda Rapat Kordinasi Nasional Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Kampus Teknik (RAKORNAS FULDKT) yang ke-7. Agenda Rakornas ini diselenggarakan selama tiga hari, terhitung dimulai dari jum’at (10/4) hingga minggu (12/4).

Kegiatan agenda rakornas FULDKT dilaksanakan di Ruang Seminar Masjid Nurul Huda UNS. Peserta rakornas yang hadir tidak hanya dari PT di jawa saja, tapi juga ada perwakilan dari Sumatra. Agenda rakornas dibuka dengan tilawah dari akhuna Lukman Hakim Marwa, Teknik Sipil 2014. Beliau adalah salah satu mahasiswa UNS yang hafidz 30 Juz.

Disambung dengan sambutan berturut turut dari Ketua panitia, akhuna Andy. Sambutan kedua dari perwakilan tuan rumah, dalam kesempatan ini diwakilkan oleh ketua umum SKI FT, akhuna Edo RIzkiawan. Sambutan ketiga dari Kordinator pusat FULDKT, akhuna Rahmad Rezeki dari UNDIP. Dan yang terakhir dari Pembina SKI FT UNS, Dr. Eng. Syafi’I, MT.

Ditengah-tengah acara rakornas sebelum shalat jum’at, panitia kedatangan tamu special, yakni pak Aher alias Ahmad Heryawan yang merupakan Gubernur Jawa Barat dan Presiden Direktur Toyota, Ir. Made Dana Tangkas, M.Si.. Setelah dijelaskan sekilas mengenai agenda rakornas FULDKT oleh Akh Edo Rizkiawan. Kemudian beliau menyampaikan taujih singkat. Beliau menyampaikan bahwa SDA negeri ini yang berlimpah, namun belum terkelola dengan baik. Maka disitulah ruang bagi para aktivis dakwah kampus teknik berperan untuk kemajuan bangsa. Setelah menyampaikan taujih singkat, disambung dengan Tanya jawab yang singkat.

11124577_10203946451927662_520939728_n

Pasca kedatangan tamu special ini, kemudia agenda rakornas kembali berjalan seperti semula. Sesuai jadwal yang telah disusun panitia, hingga esok hari sabtu (11/4). (Rahmat)

UNS Ber-Sholawat dalam Rangka Semarak Dies Natalis UNS ke-39

UNS Ber-Sholawat dalam Rangka Semarak Dies Natalis UNS ke-39

IMG_0604Selasa (10/3), kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta yang berdiri pada tanggal 11 Maret 1976, akan memperingati hari beridirinya kampus tersebut. Seperti pada Universitas pada umumnya, Dies Natalis adalah agenda tahunan kampus. Begitu juga bagi Universitas Sebelas Maret Surakarta, yang disingkat UNS.

Namun, hal yang paling menarik dari Dies Natalis yang ke-39 ini, semarak dies natalis diawali dengan semaan dan khataman Al Qur’an serta shalawatan bersama Habib Syeh ibn Abdul Qodir Assegaf. Dies natalis dengan konsep nuansa spiritualitas, merupakan untuk pertama kali dalam sejarah UNS.

Setelah pada hari sebelumnya Semaan dan Khataman Al Qur’an diawali dengan seminar Al Qur’an dan Sains yang dibuka oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. Proses Semaan dan Khataman Al Qur’an berlangsung selama dua hari, dimulai hari senin (9/3) ba’da Dzuhur hingga selasa (10/3) ba’da isya yang di-khatam-kan oleh para hafidz dan hafidzoh mahasiswa UNS secara bergiliran.

Serangkaian acara Dies Natalis UNS yang ke-39, puncak acara diadakan acara Shalawatan bersama Habib Syeh ibn Abdul Qodir Assegaf. Turut dihadiri pula oleh pejabat pemerintah daerah dan pusat. Dari pemerintah pusat diwakilkan oleh Menristek (Riset dan Teknologi) dan Dikti (Pendidikan Tinggi), yaitu Prof. H. Muhammad Nasir, Ph.D.,Ak. Sedangkan dari pemerintah Kota Surakarta, turut hadir Bapak Wakil Walikota Surakarta, Achmad Purnomo. Acara Shalawatan ini juga akan diselingi oleh taujih dari ketua MK 2008-2013, Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H.,M.H., mengenai betapa pentingnya nilai Al Qur’an dan Shalawat kepada Rasulullah SAW dalam kehidupan manusia.

Malam puncak semarak Dies Natalis UNS yang ke-39, Rektor UNS, Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS., menyampaikan bahwa semenjak tahun 2011, UNS menerapkan kebijakan yaitu menerima prestasi calon mahasiswa/I UNS yang hafidz Qur’an. Dimana prestasi hafidz Qur’an ini dinilai setara dengan nilai prestasi juara olimpiade internasional. Hingga tahun 2015 ini, sudah ada 24 mahasiswa UNS yang hafidz Qur’an (hafal 30 Juz). Di akhir, beliau memberikan piagam kepada para mahasiswa hafidz dan hafidzoh UNS atas prestasi mereka.

Menteri Ristek dan Dikti dalam kesempatannya, memberikan apresiasi kepada UNS atas kebijakannya. Dalam mempertimbangkan prestasi calon mahasiswa yang hafidz Qur’an. Beliau juga berharap, bahwa perguruan-perguruan tinggi lain, baik negeri maupun swasta, mampu mengikuti jejak UNS tersebut.

Antusias jama’ah yang hadir sangat tinggi, karena perkiraan mencapai angkat 7000 orang. Hal ini bisa dilihat dari penuhnya setiap area masjid yang diperuntukkan bagi jama’ah. Tidak hanya disitu, jalanan dibagian sebelah timur masjid Nurul Huda UNS, juga dipenuhi oleh para jama’ah yang tidak kebagian tempat duduk didalam area masjid Nurul Huda UNS.

Di akhir acara, ditutup do’a bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, bersama seluruh jama’ah yang hadir. (Rahmat)

UNS Bersholawat

UNS Bersholawat

UNS BERSHOLAWAT AVA

Dalam rangka dies natalis UNS ke 39; Universitas Sebelas Maret Surakarta menyelenggarakan UNS Bersholawat, yang diawali dengan Semaan dan Khotmil Qur’an bersama Huffadz Qur’an UNS

Hari/ tanggal : Selasa 10 Maret 2015
Jam : 19.00 (Isya di lokasi)
Tempat : Masjid Nurul Huda UNS

Menghadirkan :
Habib Syekh Bin Abdul Qoddir Assegaf
Prof. DR. Mohammad Mahfud MD, SH., MH (Ketua Mahkamah Konstitusi RI 2008-2013)
Prof. DR. Ravik Karsidi, MS (Rektor UNS)

Info lebih lanjut:
Irfan AN, M.Ag 081 393 203 349
Zeni Lutfiyah, M.Ag 081 393 033 789

_______
http://nurulhuda.uns.ac.id/
Facebook : Masjid Nurulhuda Uns
Twitter : @Nurulhuda_Uns
Instagram : @Nurulhuda_Uns

Talkshow FULDFK: Ketika Pembangunan Peradaban Menjawab Tantangan Perubahan

Talkshow FULDFK: Ketika Pembangunan Peradaban Menjawab Tantangan Perubahan

IMG_6971[1]

Sentra Kegiatan Islam Fakultas Kedokteran (SKI FK) UNS menggelar talkshow dengan tema “Ketika Pembangunan Peradaban Menjawab Tantangan Perubahan.”. Talkshow ini adalah kegiatan penutup dalam rangkaian agenda Munas ke 10 FULDFK yang digelar di Ruang Seminar Nurul Huda Islamic Center Masjid Nurul Huda UNS, Ahad 7 Desember 2014.

Continue reading