Qurban Sampai Pelosok 2017

Qurban Sampai Pelosok 2017

Berqurban merupakan ibadah yang paling dicintai Allah Swt. di hari Nahr, sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat At-Tirmidzi dari ‘Aisyah ra. bahwa Nabi Saw. bersabda:” Tidaklah anak Adam beramal di hari Nahr yang paling dicintai Allah melebihi menumpahkan darah (berqurban). Qurban itu akan datang dihari Kiamat dengan tanduk, bulu dan kukunya. Dan sesungguhnya darah akan cepat sampai di suatu tempat sebelum darah tersebut menetes ke bumi. Maka perbaikilah jiwa dengan berqurban”.

Melalui program Qurban Sampai Pelosok, LAZIS UNS ingin mengajak masyarakat untuk membagi kenikmatan dengan para dhuafa di pelosok daerah yang masih kekurangan. Qurban yang dititipkan melalui LAZIS UNS, akan didistribusikan melalui Mitra LAZIS UNS maupun jaringan relawan. Setiap tahun terjadi peningkatan partisipasi masyarakat pada program Qurban Sampai Pelosok LAZIS UNS. Program Qurban Sampai Pelosok LAZIS UNS menjembati para  Shohibul Qurban (pequrban) menunaikan kewajiban berqurban sekaligus menyalurkannya untuk kaum dhuafa didaerah pelosok.

TUJUAN PROGRAM

Ada beberapa Tujuan dilaksanakannya Program Qurban Sampai Pelosok ini anatara lain :

  1. Membantu para Shohibul Qurban untuk menunaikan ibadah qurbannya.
  2. Memudahkan para Shohibul Qurban dalam menunaikan ibadah qurban dengan layanan jemput qurban, transfer qurban, simpanan qurban.
  3. Menyalurkan hewan/ daging qurban secara tepat sasaran.
  4. Melaksanakan ibadah qurban secara professional, sesuai syariah dan dengan administrasi yang baik (Pendataan Shohibul Qurban, Penyaluran Qurban, Dokumentasi dan Laporan Pelaksanaan Qurban)

NILAI LEBIH PROGRAM

Lokasi distribusi difokuskan pada wilayah korban bencana, daerah kumuh dan daerah kurang pangan.

  1. Menjangkau daerah pelosok di Solo Raya
  2. Berpengalaman sejak tahun 2007 dengan Mitra dan relawan
  3. Memberdayakan peternak lokal di daerah
  4. Hewan qurban disembelih sesuai aturan syariat dan langsung dibagikan ke mustahik pada hari itu juga.
  5. LAZIS UNS memberikan laporan distribusi qurban.

KRITERIA DAERAH PENYALURAN

Prioritas daerah sasaran qurban harus memiliki kriteria sebagai berikut :

  • Daerah yang sulit dijangkau (kumuh, terpencil),
  • Daerah dengan mayoritas penduduk 60 % termasuk kategori dhuafa (miskin),
  • Daerah yang mengalami krisis pangan/air,
  • Daerah yang mempunyai indikasi krisis aqidah.
  • Daerah yang jarang mendapat bantuan daging qurban
  • Daerah Binaan LAZIS UNS

Pendistribusian hewan qurban dan daging qurban disalurkan kedaerah pelosok yang kekurangan pangan diantaranya : Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Boyolali, Wonogiri, Klaten, Gunung Kidul, Kabupaten Semarang, Grobogan dan daerah pelosok lainnya.

DISTRIBUSI QURBAN

Pada program Qurban Sampai Pelosok, LAZIS UNS memaksimalkan seluruh jaringan Mitra LAZIS UNS yang mempunyai daerah binaan dipelosok dan relawan LAZIS UNS yang siap mendistribusikan hewan qurban. LAZIS UNS juga bekerjasama dengan lembaga lain  dalam mendukung program ini.

Selain itu demi terpantaunya kegiatan Qurban Sampai Pelosok 2017 ini berjalan dengan baik, LAZIS UNS menerjunkan relawannya ke setiap daerah dampingan yang bertugas untuk :

  1. Menjadi perwakilan LAZIS UNS di daerah tersebut.
  2. Memastikan qurban terlaksanan sesuai syariat.
  3. Mengawasi pendistribusian daging qurban.
  4. Mendokumentasikan hewan qurban ( kondisi hidup, penyembelihan, pendistribusian daging)
  5. Menuliskan berita acara Qurban disertai Tandatangan dan Cap Stempel Masjid/ RT/ Kelurahan daerah setempat.
  6. Mengirimkan laporan ke kantor LAZIS UNS

PELAKSANAAN PROGRAM

Program QSP 2017 dilaksanakan mulai Jum’at – Senin, 1 – 4 September 2017 dibagi menjadi 2 kegiatan :

  1. Qurban Sampai Pelosok, Di berbagai wilayah distribusi.
  2. Qurban Bersama Pimpinan UNS, Di Masjid Nurul Huda UNS, untuk acara ceremonial dan syiar

PELAPORAN QURBAN

Setiap Shohibul Qurban akan menerima laporan ketika hewan qurban telah dipotong (didistribusikan) kepada masyarakat dhuafa. Laporan lengkap berupa e-mail atau surat  akan dikirim kepada Shohibul Qurban yang berisikan berita acara pemotongan dan foto hewan (hidup, dipotong, disribusi).

PENDAFTARAN QURBAN SAMPAI PELOSOK

LAZIS UNS telah menyiapkan berbagai fasilitas yang memudahkan para calon Shohibul Qurban  untuk bergabung pada program Qurban Sampai Pelosok ini.

  1. Calon Shohibul Qurban dapat melakukan pendaftaran melalui media online LAZIS UNS.
  2. Calon Shohibul Qurban dapat memanfaatkan layanan jemput qurban.
  3. Calon Shohibul Qurban dapat mendatangi kantor LAZIS UNS maupun Mitra Qurban.

Teknis Pendaftaran:

  1. Mengisi Formulir pendaftaran, bisa secara online, offline, maupun via SMS / Telepon
  2. Pembayaran Qurban bisa secara tunai melalui petugas LAZIS UNS atau mitra yang ditunjuk.
  3. Pembayaran via transfer melalui rekening LAZIS UNS
  4. Khusus Qurban sapi patungan, pengelompokan dilaksanakan oleh panitia

Fasilitas Pengqurban / Sohibul Qurban

  1. Mendapat laporan qurban khusus  dan program Qurban secara umum
  2. Mendapatkan merchandise / gift unik
  3. Mendapatkan majalah GIVE terbaru

Paket Donasi Qurban

Jenis Qurban Paket Partisipasi
Kambing Rp 1.850.000,- *
Sapi Mandiri Rp 17.500.000,- *
Sapi (Patungan 1/7) Rp 2.500.000,- *
Sapi Istimewa (Mandiri) Rp 22.500.000,- *
Sapi Istimewa (Patungan 1/7) Rp 3.200.000,- *
Infaq program (bebas)
Biaya operasional ( jika partisipasi dalam bentuk hewan qurban) Rp 100.000,- / Kambing

Rp 500.000,- / Sapi

*) dana tersebut sudah termasuk operasional program

Info Lengkap : Lazis UNS

500 Adik Asuh Meriahkan Jalan Sehat LAZIS UNS

500 Adik Asuh Meriahkan Jalan Sehat LAZIS UNS

Kebahagiaan terpancar di wajah remaja yang sekarang duduk di bangku Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas 7 ini begitu mendapatkan hadiah sepeda dalam kegiatan Jalan Sehat yang diadakan LAZIS UNS Ahad (20/8). Muhammad Khoirusshobirin merupakan Adik Asuh LAZIS UNS sejak ia duduk di bangku Sekolah Dasar. Ia bersama 500-an adik asuh, yatim dan adik binaan LAZIS UNS mengikuti rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak pukul 07.00 WIB ini dimulai dengan kegiatan jalan sehat. Dengan titik kumpul di Student Center Universitas Sebelas Maret (SC UNS), rombongan bersama sama melintasi jalanan belakang kampus UNS, hingga sampai kembali di SC UNS. Setelah jalan sehat, acara dimeriahkan dengan live performance adik-adik binaan, Adik asuh, TPA, beserta Rumah Anak Pintar (RAP) yang tampil di atas panggung di dalam SC UNS. Suasana semakin semarak dengan dekorasi ruangan penuh nuansa kemerdekaan dan roncean bendera merah putih.

Sambil menikmati penampilan di panggung, orangtua dan wali anak yang hadir memanfaatkan layanan pengobatan gratis yang ditangani rekan-rekan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Surakarta. Tak hanya itu, lapak pakaian pantas pakai juga di serbu oleh peserta jalan sehat yang ingin berburu tas, sepatu dan baju-baju yang masih bagus dengan harga yang sangat murah.

Indra Setiawan selaku penanggungjawab kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini bukan hanya untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi juga sebagai ajang silaturohim antar adik-adik dan orang tua  yang mendapatkan beasiswa dari LAZIS UNS. Pada kesempatan ini juga di salurkan beasiswa adik asuh periode bulan Juli-Agustus 2017 untuk 220 Adik Asuh.

“Kita sudah lama tidak mengadakan kegiatan yang melibatkan semua adik asuh yang mendapatkan beasiswa dan adik binaan LAZIS UNS juga beserta orang tuanya, maka pada kesempatan ini kita ingin menjadikan momentum HUT RI ke-72 ini sebagai ajang silaturohim untuk keluarga besar LAZIS UNS”, Kata Indra.

Adik Asuh merupakan program beasiswa rutin yang diberikan setiap bulan kepada adik adik usia SD, SMP, SMA dan Mahasiswa juga program khusus beasiswa yatim yang donasinya berasal dari para donatur rutin Program Donasi Kakak Asuh LAZIS UNS. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Catur Wibowo selaku Manajer umum LAZIS UNS dalam sambutannya di acara tersebut.
“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para Donatur Rutin Program Kakak Asuh LAZIS UNS yang setiap bulannya terus bertambah sehingga kesempatan adik adik asuh semakin besar untuk mendapatkan beasiswa setiap bulannya”, Kata Catur Wibowo dalam sambutannya.

Sumber : Lazis UNS

85 Adik Asuh Ikuti Pesantren Ramadhan LAZIS UNS

85 Adik Asuh Ikuti Pesantren Ramadhan LAZIS UNS

Solo, LAZIS UNS – LAZIS UNS kembali mengadakan Pesantren Ramadhan untuk Adik Asuh usia SMP-SMA, Sabtu-Ahad (10-11/6). Agenda ini rutin diadakan setiap bulan Ramadhan setiap tahunnya sebagai salah satu bentuk pembinaan terhadap Adik Asuh LAZIS UNS yang merupakan penerima beasiswa Kakak Asuh LAZIS UNS. Sejumlah 85 Adik Asuh mengikuti Pesantren Ramadhan yang kali ini diadakan di Markazul Quran Masjid Darussalam Pundunggede, Kadipiro, Banjarsari, Surakarta.

Kegiatan Pesantren Ramadhan dibuka oleh Manajer Operasional LAZIS UNS, Tri Asmoro Budi W., S.Pd. Dalam sambutannya Pak Tri mengharapkan peserta dapat mengikuti kegiatan dengan tertib dan saling menjaga keamanan. “Kami berharap adik-adik dapat mengikuti rangkaian kegiatan dengan tertib dan dapat mengisi Ramadhan dengan kegiatan yang positif, dan tentunya kami berharap agar saling menjaga keamanan masing-masing”, Kata Pak Tri dalam sambutannya.


Sabtu sore, peserta membagikan makanan untuk buka puasa (ifthar) kepada pengguna jalan raya dan tukang becak di sepanjang jalan Makam Bonoloyo hingga ke Palang Joglo. Ifthar yang dibagikan yaitu sebanyak 150 paket berupa 1 cup kolak pisang dan buah kurma. Selepas membagikan ifthar, adik-adik kembali ke Markazul Quran Masjid Darussalam untuk sharing pengalaman berbagi ifthar.

Waktu berbuka yang dinantikan tiba dan peserta bersama-sama berbuka puasa dilanjutkan dengan melaksanakan shalat Maghrib berjamaah dan kegiatan pribadi. Selepas shalat Isya dan Tarawih berjamaah, peserta mengikuti acara Training  Motivasi oleh Ustadz Amron Yuflaeli, S.Sn. Ustadz Amron menyampaikan materi “Remaja Idaman Surga” dengan gaya anak muda, penuh semangat dan sesekali mengundang gelak tawa. Kondisi peserta yang awalnya mengantuk pun menjadi semangat kembali.

Memasuki hari Ahad, selepas sahur bersama, peserta Pesantren Ramadhan kembali membagikan nasi bungkus kepada para tukang becak dan tunawisma di sekitar. Kegiatan dilanjutkan dengan shalat Subuh berjamaah dan tilawah bersama kelompok mentoring masing-masing. Pukul 6.30 pagi, peserta mengikuti Senam Pokemon yang dipandu oleh relawan LAZIS UNS dan dilanjutkan aktivitas bersih-bersih masjid. Kegiatan berikutnya adalah kreasi majalah dinding. Peserta berdasarkan kelompok mentoringnya membuat majalah dinding yang memuat konten tentang kesan dan kegiatan adik asuh selama setahun.

Kegiatan Pesantren Ramadhan yang bertujuan untuk memberikan alternatif kegiatan positif dan saling mempererat tali silaturahmi antar adik asuh ini menurut Indra Setiawan, S.S. (penanggung jawab program adik asuh, -red) berjalan lancar dan sesuai harapan. “Alhamdulillah kegiatan Pesantren Ramadhan LAZIS UNS selama dua hari ini berjalan lancar, bahkan  ada program dadakan yaitu Berbagi Sahur on the road untuk menyalurkan makanan kepada tukang becak dan orang-orang jalanan dari paket sahur yang masih tersisa banyak”, tutur Indra.

Pesantren Ramadhan LAZIS UNS ditutup dengan penyerahan dana beasiswa bulan Juni kepada adik asuh yang hadir.  serta penghargaan kepada beberapa peserta dengan kriteria khusus, di antaranya Peserta Terbaik, Peserta Tersemangat, dan Peserta Termanis.

Santri TPA & RAP Binaan LAZIS UNS Ikuti Pawai Sambut Ramadhan

Santri TPA & RAP Binaan LAZIS UNS Ikuti Pawai Sambut Ramadhan

Solo, LAZIS UNS – Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1438 H, LAZIS UNS mengadakan Pawai Sambut Ramadhan bersama santri TPA dan adik Rumah Anak Pintar (RAP) Binaan LAZIS UNS, Kamis (25/5). Sebanyak 116 anak mengikuti pawai ini. Pawai dimulai dari halaman parkir utara Masjid Nurul Huda UNS dan berakhir di Taman Cerdas Jebres. Di sepanjang perjalanan pawai, adik-adik bershalawat sambil membawa poster yang bertemakan Ramadhan. Tak lupa mereka juga membagikan jadwal imsakiyah kepada warga sekitar.

Setelah sampai di Taman Cerdas adik-adik beristirahat sembari menyaksikan penampilan dari masing-masing TPA. Berikutnya ada kak Erma yang menyampaikan dongeng tentang Ramadhan dan disimak dengan antusias oleh adik-adik.

Candra Arum Kusumawati, penanggung jawab kegiatan pawai mengungkapkan, pawai Ramadhan ini selain bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antarTPA dan RAP Binaaan LAZIS UNS, juga sebagai syiar Ramadhan di lingkungan masyarakat sekitar.

LAZIS UNS Go Shopping With Yatim

LAZIS UNS Go Shopping With Yatim

Sebanyak 33 Adik Asuh Yatim   (GO-TIM) di Assalam Hypermarket, Senin (24/4). Agenda yang bertepatan dengan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam ini bertujuan sebagai sarana refreshing bagi anak-anak yatim juga untuk memberikan nilai edukasi mengenai skala prioritas kebutuhan dalam berbelanja.

Sebelumnya anak-anak yatim ini berkumpul di LAZIS UNS dan bersama-sama menuju tempat belanja dengan menggunakan Batik Solo Trans untuk mengajarkan mencintai transportasi umum sebagai salah satu solusi berkendara umum dan menghindari penyebab kemacetan.

Sampai di Assalam Hypermarket anak-anak yatim dikelompokkan berdasarkan usia sekolah agar memudahkan dalam berbelanja dan didampingi oleh Relawan LAZIS UNS. Setiap anak yatim mendapatkan voucher belanja yang merupakan titipan Donatur LAZIS UNS untuk dibelanjakan kebutuhan sekolah dan harian mereka.

Salah satu peserta GO-TIM, Yosua Valen Dinata kelas 5 SD yang merupakan anak yatim dan mualaf ini senang sekali bisa membeli sepatu baru untuknya bersekolah. Peserta lainnya, Muhammad Hasanudin kelas 1 SD sangat gembira bisa membeli baju koko baru untuk persiapan menyambut Ramadhan.

Menurut Indra Setiawan selaku koordinator Adik Asuh mengaku sangat bersyukur ketika melihat adik-adik yatim dengan bahagia berbelanja sendiri kebutuhan sekolah dan hariannya.

“Alhamdulillah, agenda GO-TIM yang didukung oleh para donatur LAZIS UNS ini sangat dirasakan manfaatnya oleh adik-adik yatim yang belum tentu bisa berbelanja seperti ini”, kata Indra.

Anda juga bisa berpartisipasi dalam program Beasiswa Yatim LAZIS UNS dengan berdonasi Rp 100.000,-/ bulan. Informasi lebih lanjut hubungi nomor LAZIS UNS 085725005065.

www.lazis.uns.ac.id

Pengumuman Hasil Seleksi  Beasiswa Prestatif Mahasiswa  (BPM) 2017

Pengumuman Hasil Seleksi Beasiswa Prestatif Mahasiswa (BPM) 2017

Berikut ini kami sampaikan hasil yang lolos seleksi penerimaan Beasiswa Prestatif Mahasiswa (BPM) 2017.

DAFTAR LOLOS SELEKSI BPM 2017

No Nama Universitas
1 Abdurrohman Anshorulloh Institut Agama Islam Surakarta
2 Abdurrohman Khudaifi Universitas Sebelas Maret
3 Adzkia Zahra Universitas Sebelas Maret
4 Ahmad Qusnudin Universitas Sebelas Maret
5 Anita Hidayah Septiani Universitas Sebelas Maret
6 Arini Fitri Nurlia Universitas Sebelas Maret
7 Damai Imam Utomo Universitas Sebelas Maret
8 Denni Ramadhan T Universitas Sebelas Maret
9 Dimas Hadi Prayugo Universitas Sebelas Maret
10 Endah Kuswanti Universitas Sebelas Maret
11 Erna Wati Universitas Sebelas Maret
12 Fetti Conita Sakti Universitas Sebelas Maret
13 Indit Vaiqoh Universitas Sebelas Maret
14 Jamaluddin Institut Agama Islam Surakarta
15 Joko Utomo Universitas Sebelas Maret
16 Kanindya Mercyana P.R. Universitas Sebelas Maret
17 Lusi Ariani Universitas Sebelas Maret
18 Maretta Hanurawati Universitas Sebelas Maret
19 Muhammad Agung Sabekti Universitas Sebelas Maret
20 Muna Fauziah Universitas Sebelas Maret
21 Rohmad Sapto Utomo Universitas Sebelas Maret
22 Saehful Amri Universitas Sebelas Maret
23 Siti Habibatunjainah Universitas Sebelas Maret
24 Siti Lestari Universitas Sebelas Maret
25 Siti Mutmainah Institut Agama Islam Surakarta
26 Ufi Sholliati Universitas Sebelas Maret
27 Winda Ika Permatasari Universitas Sebelas Maret
28 Zainal Achmad Asrori Institut Agama Islam Surakarta
29 Zakky Imaduddin Ahmad Universitas Sebelas Maret
30 Zakky Tiffani Assyauqi Universitas Sebelas Maret

KETERANGAN  :

Bagi yang dinyatakan lolos, wajib mengikuti SuperCamp BPM 2017, insya Allah Sabtu-Ahad,18-19 Februari 2017 jam 07.30 – selesai. Undangan Supercamp bisa diambil mulai 8 februari 2017 di kantor LAZIS UNS

Masjid Nurul Huda UNS Gelar Sholat Istisqo

Masjid Nurul Huda UNS Gelar Sholat Istisqo

Musim kemarau panjang yang diikuti dengan banyaknya kebakaran hutan menyebabkan sebagian besar wilayah di Indonesia terdampak bencana asap. Selain mengganggu aktivitas keseharian dikarenakan terbatasnya jarak pandang, kabut asap juga menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

Aktifitas harian warga yang terrhenti, hingga jatuhnya korban utamanya dari kalangan balita dikarenakan pekatnya kabut asap menjadi keprihatinan besar bangsa Indonesia termasuk civitas akademika  Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Serangkaian aksi UNS Peduli Bencana dilaksanakan untuk  menanggapi isu bencana kebakaran lahan yang terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia, utamanya sumatera dan Kalimantan. Rangkaian acara digelar mulai dari  Malam Dzikir & Doa Bersama, Galang Dana Serentak, dan Shalat Istisqo’ di Masjid Nurul Huda UNS.

Setelah sukses menggelar malam dzikir dan do’a bersama, civitas akademika UNS diajak untuk melaksanakan sholat istisqo yang berlangsung pada Jum’at (30/10). Sholat Istisqo dilaksanakan selepas sholat Jum’at, dipimpin oleh Syihabudin AL Hafidz dari Pondok Pesantren Isy karima Karangpandan.

Dalam khutbah jum’atnya Syihabuddin AL Hafidz mengajak para jamaah untuk bertaubat dan meningkatkan ketaqwaan kepada allah SWT. Beliau memaparkan bagaimana kisah peradaban kerajaan Saba yang pada mulanya subur makmur dengan komoditas pertanian menjadi hilang tak berbekas saat masyarakatnya mulai lalai dari mengingat Allah SWT.

Dzikir dan Do’a Bersama UNS untuk Bangsa

Dzikir dan Do’a Bersama UNS untuk Bangsa

JN UKMI bersama UKM se-UNS sukses menyelenggarakan acara Malam Doa dan Dzikir Bersama untuk korban asap, Kamis (29/10). Adapun acara tersebut merupakan pembuka dari Serangkaian aksi UNS Peduli Bencana yang dilaksanakan untuk  menanggapi isu bencana kebakaran lahan yang terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia, utamanya sumatera dan Kalimantan. Rangkaian acara digelar mulai dari  Malam Dzikir & Doa Bersama, Galang Dana Serentak, dan Shalat Istisqo’ (sesudah shalat Jumat) di Masjid Nurul Huda UNS.

Acara Malam Dzikir & Doa Bersama sendiri telah dilaksanakan pada pukul 20:35 WIB di Ruang Seminar lantai 1 Nurul Huda Islamic Center UNS. Acara tersebut diawali dengan tilawah 1 juz dari masing-masing peserta yang hadir. Adapun pembicara yang didaulat mengisi acara tersebut yaitu Edi (perwakilan dari Lazis UNS, Pusat Studi Bencana UNS) dan Indra Budi Legowo (perwakilan dari PKPU Solo)

Edi Santoso menyampaikan kiprah institusi pendidikan  dalam dunia kebencanaan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan oleh UNS. UNS selaku perguruan tinggi yang memiliki visi melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam prosesnya akan dihadapi dan senantiasa berperan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan. Salah satunya ketika bencana alam terjadi. Kegiatan yang umunya dilaksanakan oleh perguruan tinggi semisal UNS adalah berperan dalam kegiatan penelitian, asesment dan proses penanganan pasca bencana.

Selanjutnya Edi menyampaikan dalam hal penanganan bencana pesanpenting yang harus dilaksanakan anggota masyarakat, khususnya civitas akademika adalah sinergisitas dan kolaborasi. Sinergis seluruh elemen UNS menjadi penting dikarenakan  potensi yang dimiliki luar biasa besar baik dipenggalangan kebencanaan maupun penyaluran program.

Dalam hal Kolaborasi ini wajib dilakukan karena masing-masing  elemen memiliki kekhasan  dalam pelaksanaan programnya, Ada LAZIS  yang  fokus dipenghimpunan, ada SAR yang siap terjun di daerah terdampak bencana, ada psikolog yg fokus d trauama healing bagi korban dan lain sebagainya. Ketika masing-masing keunggulan ini dikolaborasikan akan menjadi  kekuatan yg besar. Untuk itu di UNS saat ini telah memiliki Pusat Studi Bencana UNS , satu payung untuk  bergerak di dunia kebencanaan.

Acara doa dan dzikir bersama yang berakhir pada pukul 22:10 WIB tersebut diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Indra Budi Legowo dari PKPU. Selanjutnya dalam rangkaian acara ini juga akan dilaksanakan Sholat Istisqo pada Jum’at  dan penggalangan dana oleh Forum Komunikasi UKM di UNS.

LAZIS UNS Gelar Nikah Massal

LAZIS UNS Gelar Nikah Massal

804664_1043410112370585_101546969_n

LAZIS Universitas Sebelas Maret Surakarta bekerjasama dengan Program Pembibitan Penghafal Al-Quran (PPPA) Daarul Quran Bandung dan Pemerintah Kota Surakarta menggelar program nikah massal, Kamis (22/10). Bertempat di Pendapi Gede Balaikota Surakarta, sejumlah pasangan muslim melaksanakan isbat nikah untuk mendapatkan buku nikah resmi dari pemerintah kota Surakarta. Tidak hanya melaksanakan isbat nikah, dalam kesempatan ini pasangan pengantin juga mendapatkan bingkisan berupa cincin emas, seperangkat alat sholat, al quran dan pakaian.

Manajer Marketing LAZIS UNS, Edi Santoso, menyampaikan bahwa program nikah massal ini merupakan program dari PPPA Daarul Quran yang telah diselengggarakan di beberapa kota salah satunya di Solo.

“Untuk di Solo ini , PPPA Daarul Quran menggandeng LAZIS UNS sebagai mitra. Sementara itu di Solo sendiri Dinas Kependudukan dan Catatn Sipil (Dispendukcapil) memiliki program Pelayanan Terpadu (Yandu) nikah dan kependudukan. Karena memiliki kesamaan program inilah LAZIS UNS turut bergabung dalam program pencatatan pernikahan untuk warga dhuafa di Surakarta,” jelasnya. (LAZIS UNS)

Semarak Muharam Universitas Sebelas Maret 1437 H

Semarak Muharam Universitas Sebelas Maret 1437 H

SEMARAK_MUHARAM

03 Oktober
Grand Opening Sekolah Pra Nikah

Tempat : Ruang Seminar Masjid NH
Waktu : 08.00 WIB – selesai
Pembicara:
~ Ayu (Author “Assalamu’alaikum Sally”)
~Vida Robi’ah Al Adawiyah (Ketua KPPA Benih)

11 Oktober
Lomba TPQ se-Solo Raya

Tempat : Masjid NH
Waktu : 07.00 WIB – selesai
Penampilan Spesial:
Kak Bimo (Master Dongeng Indonesia)

13 Oktober
Tabligh Akbar Dakwah Nusantara

Tempat : Aula Utama Masjid NH
Waktu : 19.30 WIB – selesai
Pembicara:
~ Ustadz DR. Tiar Anwar Bachtiar (Ketua Umum Pemuda PERSIS/ Sejawaran)
~Ustadz Rahmat Abdullah (penulis Trilogi Revolusi Islam di Tanah Jawa)

14 Oktober
Launching Gerakan Nasional Sholat Shubuh Berjama’ah
: serentak di 11 universitas

Tempat : Aula Utama Masjid NH
Waktu : 04.00 WIB – selesai
Pembicara:
~ Ustadz DR. Muindinllah Basri, MA

14 Oktober
Turnamen Futsal NH Cup

17 Oktober
Seminar Kepemudaan ‘Wasiat Emas Bagi Pemuda Sebagai Pelopor Kebangkitan Islam’

Tempat : Masjid NH
Waktu : 08.00 WIB – selesai
Pembicara:
~ DR. H. Adyaksa Dault, S.H, M.Si (Ketua Kwarnas Pramuka, Menpora 2004 – 2009)
~M. Ikhlas Tamrin (Presiden BEM UNS 2004, Pengusaha)

25 Oktober
Bincang-Bincang Muslimah (BBM)

Tempat : Aula Pascasarjana UNS
Waktu : 08.00 WIB – selesai
Pembicara: Ria Ricis (Artis Selebgram)

27 Oktober
Nikah Massal
:(Akad baru dan sidang isbat asangan dhuafa)

Kerjasama Lazis UNS, PPPA Darul Qur’an, Pemkot Surakarta
Tempat: Balaikota Surakarta

30 Oktober – 1 November
Camping Qur’an

Tempat : Masjid Nurul Huda

01 November
Silaturahim Guru TPQ se-Solo Raya

Tempat : Ruang Seminar Masjid NH
Waktu : 08.00 WIB – selesai
Pembicara:
~ KH. Syuhada Basri (Dewan Dakwah Islam Indonesia)
~ Ustadz Budi Ashari, LC (Pembina Parenting Nabawiyah)

08 November
Santunan Anak Yatim

Tempat : Masjid Nurul Huda UNS

Info lebih lanjut:
0821 3766 0002

-Takmir NH-Laziz UNS-JN UKMI-SKI FKIP UNS-BPPI FEB UNS-UKM Ilmu Qur’an-FSLDK Indonesia-Biro AAI UNS