SUPERCAMP 2018 BEASISWA PRESTASI MAHASISWA UNS

SUPERCAMP 2018 BEASISWA PRESTASI MAHASISWA UNS

Masjid Nurul Huda – Sabtu (10/2), LAZIS UNS mengadakan kegiatan Supercamp 2018. Kegiatan Supercamp  ini rutin diadakan setiap tahun sebagai kegiatan perdana untuk mahasiswa peserta penerima beasiswa Pretatif Mahasiswa (BPM)  dan tahun ini memasuki tahun ketiga yang bertempat di Villa Harjuna, Tawangmangu, Karanganyar. Sebanyak 30 peserta dari beberapa Perguruan Tinggi di Karesidenan Surakarta mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan ini para peserta mendapatkan beberapa materi terkait pengembangan diri dan motivasi kewirausahaan. Selain itu, para penerima manfaat BPM yang juga merupakan calon Relawan Lazis UNS ini dikenalkan lebih dekat terhadap berbagai program kegiatan Lazis UNS.

Pada hari terakhir  pelaksanaan Supercamp 2018 ini peserta menandatangani kontrak beasiswa dan menerima penyaluran beasiswa tahap pertama. Sebesar dua puluh empat  juta rupiah disalurkan LAZIS UNS pada tahap awal penyerahan beasiswa ini. Selain mendapatkan beasiswa, nantinya para peserta BPM 2018 juga diberikan pembinaan rutin beserta pelatihan pelatihan yang dapat membantu megembangkan potensi yang mereka miliki.

Salah satu peserta supercamp 2018, Jamaluddin Mahasiswa dari  IAIN mengaku sangat senang dan antusias mengikuti kegiatan ini. Ini adalah tahun kedua bagi dia menjadi peserta acara supercamp LAZIS UNS ”supercamp tahun2018 sangat luar biasa selain mendapatkan banyak  ilmu namun juga mendapatkan teman teman baru, semoga BPM tahun ini lebih maju dan lebih baik lagi”tuturnya.

LAZIS UNS SALURKAN BEASISWA PRESTASI MAHASISWA 2018

LAZIS UNS SALURKAN BEASISWA PRESTASI MAHASISWA 2018

Masjid Nurul Huda – Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Universitas Sebelas Maret (LAZIS UNS) kembali menyalurkan beasiswa prestasi mahasiswa pada awal tahun 2018 ini. Sebanyak dua puluh empat juta rupiah disalurkan kepada 30 orang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Solo.

Penyaluran tahap pertama ini dilaksanakan berbarengan dengan kegiatan Supercamp 2018 pada Sabtu (10/02) sampai Ahad (11/02). Selain mendapatkan beasiswa, nantinya para peserta BPM 2018 juga diberikan pembinaan rutin beserta pelatihan pelatihan yang dapat membantu memgembangkan potensi yang mereka miliki.

Salah satu kegiatan yang sudah dilaksanakan adalah Supercamp 2018 yang diselenggarakan Sabtu (10/02) – Ahad (11/02) di Villa Harjuna, Tawangmangu, Karanganyar. Dalam kegiatan ini para penerima manfaat BPM yang merupakan mahasiswa dari berbagai kampus di lingkungan Solo Raya mendapatkan berbagai materi pengembangan diri.

Selain itu mereka juga diajak untuk terjun ke beberapa kelompok masyarakat yang berada di lingkungan acara untuk berdialog. Hasil dialog ini kemudian dibahas dalam forum diskusi sebagai bagian dari kegiatan analisis sosial.

Peresmian dan Baksos Rumah Anak Pintar Unit Kampung Sewu

Peresmian dan Baksos Rumah Anak Pintar Unit Kampung Sewu

Surakarta, LAZIS UNS – Keceriaan anak-anak Rumah Anak pintar di Kampung sewu, Jebres, Surakarta terlihat jelas saat acara peresmian dan
baksos  di halaman Rumah Anak Pintar unit kampung Sewu pada Ahad 19 Desember 2017 kemarin.

Acara dibuka dengan penampilan  lagu mars Rumah Anak Pintar oleh anak-anak RAP dan tilawah Alquran oleh adik Nabila, Penandatanganan kerjasama dan pemotongan nasi tumpeng menjadi  Acara puncak peresemian dan baksos pada Ahad kemaren, Acara berlangsung dengan khidmat dan penuh dengan keceriaan.

Continue reading

Belajar Sambil Rekreasi dalam Wisata Edukasi Adik Asuh Yatim LAZIS UNS

Belajar Sambil Rekreasi dalam Wisata Edukasi Adik Asuh Yatim LAZIS UNS

Surakarta, LAZIS UNS – Sebanyak 50 adik asuh yatim LAZIS UNS mengikuti kegiatan Wisata Edukasi Yatim di Yogyakarta, Ahad (19/11) kemarin. Kegiatan ini bertujuan memberikan kebahagiaan serta pengalaman baru bagi adik-adik yatim. Pukul 07.00 WIB rombongan adik asuh berangkat dari LAZIS UNS menggunakan 2 armada bus menuju ke Sentra Edukasi Gerabah di Kasongan, Bantul, kemudian berlanjut ke Wisata Air Tirtonirmolo Waterpark Prambanan.

Adik asuh binaan LAZIS UNS yang terdiri dari dua jenjang SD dan SMP ini setiap 2 pekan sekali mengikuti pembinaan dari LAZIS UNS dan menerima beasiswa setiap bulannya. Sedangkan kegiatan Wisata Edukasi Yatim ini merupakan bentuk penyegaran di samping pembinaan rutin supaya adik-adik dapat belajar sekaligus berekreasi yang mungkin jarang mereka dapatkan.

Continue reading

Peresmian Tempat Wudhu di Desa Ujung Utara Boyolali

Peresmian Tempat Wudhu di Desa Ujung Utara Boyolali

Boyolali, LAZIS UNS – Selasa (7/11) kemarin Lazis UNS turut meresmikan tempat wudhu di Masjid Al Fatah, Desa Jerukan, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali, bersama takmir masjid setempat. Dana untuk pembangunan tempat wudhu ini merupakan penyaluran dari donasi Peduli Masjid yang terhimpun dari donatur LAZIS UNS.

Desa Jerukan terletak di ujung utara Boyolali, sekitar 2-3 jam dari pusat pemerintahan Kab. Boyolali. Sementara Masjid Al Fatah merupakan satu-satunya masjid di Desa Jerukan. Sebelumnya fasilitas tempat wudhu di masjid ini belum memadai.

Continue reading

Berbagi Bersama Anak Yatim LAZIS UNS

Berbagi Bersama Anak Yatim LAZIS UNS

Surakarta, LAZIS UNS – Sebanyak 108 anak yatim luar panti beserta orang tua/walinya menghadiri acara Berbagi Bersama Anak Yatim yang diselenggarakan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (LAZIS) UNS, Rabu (25/10) sore. Bertempat di Ruang Seminar Masjid Nurul Huda UNS, anak-anak yatim tersebut mendapat bingkisan dan santunan senilai Rp 200.000,- untuk masing-masing anak. Acara ini merupakan event penyaluran program donasi Kado Yatim yang dibuka selama bulan Muharram 1438H.

Continue reading

75 Pengajar TPA Se-eks Karesidenan Surakarta Ikuti Training Manajemen TPA LAZIS UNS

75 Pengajar TPA Se-eks Karesidenan Surakarta Ikuti Training Manajemen TPA LAZIS UNS

Surakarta, LAZIS UNS – Alhamdulillah pada Ahad (22/10) kemarin telah terlaksana kegiatan Training Manajemen Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) di Ruang Seminar Masjid NH UNS dengan tema Menjadi Pengajar yang Energik dan Inspiratif Mewujudkan Generasi Berprestasi nan Rabbani. Kegiatan Training Manajemen TPA ini diharapkan menjadi ajang upgrade ilmu bagi pengajar TPA sehingga meningkatkan kualitas SDM pengajar. Dengan demikian harapan akan terbentuknya generasi santri berprestasi nan Rabbani dapat terwujud.

Sebanyak 75 pengajar TPA dari berbagai daerah se-eks karesidenan Surakarta menghadiri kegiatan ini. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan yang diisi oleh Ustadz Dhohir Subagyo atau yang lebih akrab dipanggil dengan Kang Dhohir. Pada kesempatan ini Ustadz Dhohir menyampaikan materi tentang psikologi anak dan manajemen TPA yang baik. Tak lupa juga pada sesi akhir peserta langsung diajak untuk mempraktekkan ilmu yang didapatkan. 

 

Aksi Rohingya Memanggil!, Terhimpun Donasi Rp 74 Juta Untuk Rohingya

Aksi Rohingya Memanggil!, Terhimpun Donasi Rp 74 Juta Untuk Rohingya

Surakarta, LAZIS UNS – LAZIS UNS bersama Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Solo menggelar Aksi Rohingya Memanggil! bertempat di Aula Utama Masjid Nurul Huda UNS, Jumat (29/9). Aksi ini berupa talkshow yang menghadirkan Ust. Muhammad Rudi selaku Sekjen BSMI serta Ust. Hatta Syamsudin dari Ikatan Dai Indonesia.

Materi pertama disampaikan oleh Ust. Muhammad Rudi, Sekjen BSMI dan Anggota Advance Team yg merupakan Tim pertama yg di kirim ke Rakhine States. Beliau memaparkan tentang kondisi teraktual di Rakhine sekaligus menceritakan betapa saat ini bantuan sulit masuk langsung ke Rakhine. Alhamdulillah, BSMI telah menyalurkan beberapa paket kebutuhan primer terutama pangan dan sandang untuk masyarakat yang terisolir di sana melalui Sittwe.

Continue reading

Qurban Sampai Pelosok 2017

Qurban Sampai Pelosok 2017

Berqurban merupakan ibadah yang paling dicintai Allah Swt. di hari Nahr, sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat At-Tirmidzi dari ‘Aisyah ra. bahwa Nabi Saw. bersabda:” Tidaklah anak Adam beramal di hari Nahr yang paling dicintai Allah melebihi menumpahkan darah (berqurban). Qurban itu akan datang dihari Kiamat dengan tanduk, bulu dan kukunya. Dan sesungguhnya darah akan cepat sampai di suatu tempat sebelum darah tersebut menetes ke bumi. Maka perbaikilah jiwa dengan berqurban”.

Melalui program Qurban Sampai Pelosok, LAZIS UNS ingin mengajak masyarakat untuk membagi kenikmatan dengan para dhuafa di pelosok daerah yang masih kekurangan. Qurban yang dititipkan melalui LAZIS UNS, akan didistribusikan melalui Mitra LAZIS UNS maupun jaringan relawan. Setiap tahun terjadi peningkatan partisipasi masyarakat pada program Qurban Sampai Pelosok LAZIS UNS. Program Qurban Sampai Pelosok LAZIS UNS menjembati para  Shohibul Qurban (pequrban) menunaikan kewajiban berqurban sekaligus menyalurkannya untuk kaum dhuafa didaerah pelosok.

TUJUAN PROGRAM

Ada beberapa Tujuan dilaksanakannya Program Qurban Sampai Pelosok ini anatara lain :

  1. Membantu para Shohibul Qurban untuk menunaikan ibadah qurbannya.
  2. Memudahkan para Shohibul Qurban dalam menunaikan ibadah qurban dengan layanan jemput qurban, transfer qurban, simpanan qurban.
  3. Menyalurkan hewan/ daging qurban secara tepat sasaran.
  4. Melaksanakan ibadah qurban secara professional, sesuai syariah dan dengan administrasi yang baik (Pendataan Shohibul Qurban, Penyaluran Qurban, Dokumentasi dan Laporan Pelaksanaan Qurban)

NILAI LEBIH PROGRAM

Lokasi distribusi difokuskan pada wilayah korban bencana, daerah kumuh dan daerah kurang pangan.

  1. Menjangkau daerah pelosok di Solo Raya
  2. Berpengalaman sejak tahun 2007 dengan Mitra dan relawan
  3. Memberdayakan peternak lokal di daerah
  4. Hewan qurban disembelih sesuai aturan syariat dan langsung dibagikan ke mustahik pada hari itu juga.
  5. LAZIS UNS memberikan laporan distribusi qurban.

KRITERIA DAERAH PENYALURAN

Prioritas daerah sasaran qurban harus memiliki kriteria sebagai berikut :

  • Daerah yang sulit dijangkau (kumuh, terpencil),
  • Daerah dengan mayoritas penduduk 60 % termasuk kategori dhuafa (miskin),
  • Daerah yang mengalami krisis pangan/air,
  • Daerah yang mempunyai indikasi krisis aqidah.
  • Daerah yang jarang mendapat bantuan daging qurban
  • Daerah Binaan LAZIS UNS

Pendistribusian hewan qurban dan daging qurban disalurkan kedaerah pelosok yang kekurangan pangan diantaranya : Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Boyolali, Wonogiri, Klaten, Gunung Kidul, Kabupaten Semarang, Grobogan dan daerah pelosok lainnya.

DISTRIBUSI QURBAN

Pada program Qurban Sampai Pelosok, LAZIS UNS memaksimalkan seluruh jaringan Mitra LAZIS UNS yang mempunyai daerah binaan dipelosok dan relawan LAZIS UNS yang siap mendistribusikan hewan qurban. LAZIS UNS juga bekerjasama dengan lembaga lain  dalam mendukung program ini.

Selain itu demi terpantaunya kegiatan Qurban Sampai Pelosok 2017 ini berjalan dengan baik, LAZIS UNS menerjunkan relawannya ke setiap daerah dampingan yang bertugas untuk :

  1. Menjadi perwakilan LAZIS UNS di daerah tersebut.
  2. Memastikan qurban terlaksanan sesuai syariat.
  3. Mengawasi pendistribusian daging qurban.
  4. Mendokumentasikan hewan qurban ( kondisi hidup, penyembelihan, pendistribusian daging)
  5. Menuliskan berita acara Qurban disertai Tandatangan dan Cap Stempel Masjid/ RT/ Kelurahan daerah setempat.
  6. Mengirimkan laporan ke kantor LAZIS UNS

PELAKSANAAN PROGRAM

Program QSP 2017 dilaksanakan mulai Jum’at – Senin, 1 – 4 September 2017 dibagi menjadi 2 kegiatan :

  1. Qurban Sampai Pelosok, Di berbagai wilayah distribusi.
  2. Qurban Bersama Pimpinan UNS, Di Masjid Nurul Huda UNS, untuk acara ceremonial dan syiar

PELAPORAN QURBAN

Setiap Shohibul Qurban akan menerima laporan ketika hewan qurban telah dipotong (didistribusikan) kepada masyarakat dhuafa. Laporan lengkap berupa e-mail atau surat  akan dikirim kepada Shohibul Qurban yang berisikan berita acara pemotongan dan foto hewan (hidup, dipotong, disribusi).

PENDAFTARAN QURBAN SAMPAI PELOSOK

LAZIS UNS telah menyiapkan berbagai fasilitas yang memudahkan para calon Shohibul Qurban  untuk bergabung pada program Qurban Sampai Pelosok ini.

  1. Calon Shohibul Qurban dapat melakukan pendaftaran melalui media online LAZIS UNS.
  2. Calon Shohibul Qurban dapat memanfaatkan layanan jemput qurban.
  3. Calon Shohibul Qurban dapat mendatangi kantor LAZIS UNS maupun Mitra Qurban.

Teknis Pendaftaran:

  1. Mengisi Formulir pendaftaran, bisa secara online, offline, maupun via SMS / Telepon
  2. Pembayaran Qurban bisa secara tunai melalui petugas LAZIS UNS atau mitra yang ditunjuk.
  3. Pembayaran via transfer melalui rekening LAZIS UNS
  4. Khusus Qurban sapi patungan, pengelompokan dilaksanakan oleh panitia

Fasilitas Pengqurban / Sohibul Qurban

  1. Mendapat laporan qurban khusus  dan program Qurban secara umum
  2. Mendapatkan merchandise / gift unik
  3. Mendapatkan majalah GIVE terbaru

Paket Donasi Qurban

Jenis Qurban Paket Partisipasi
Kambing Rp 1.850.000,- *
Sapi Mandiri Rp 17.500.000,- *
Sapi (Patungan 1/7) Rp 2.500.000,- *
Sapi Istimewa (Mandiri) Rp 22.500.000,- *
Sapi Istimewa (Patungan 1/7) Rp 3.200.000,- *
Infaq program (bebas)
Biaya operasional ( jika partisipasi dalam bentuk hewan qurban) Rp 100.000,- / Kambing

Rp 500.000,- / Sapi

*) dana tersebut sudah termasuk operasional program

Info Lengkap : Lazis UNS

500 Adik Asuh Meriahkan Jalan Sehat LAZIS UNS

500 Adik Asuh Meriahkan Jalan Sehat LAZIS UNS

Kebahagiaan terpancar di wajah remaja yang sekarang duduk di bangku Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas 7 ini begitu mendapatkan hadiah sepeda dalam kegiatan Jalan Sehat yang diadakan LAZIS UNS Ahad (20/8). Muhammad Khoirusshobirin merupakan Adik Asuh LAZIS UNS sejak ia duduk di bangku Sekolah Dasar. Ia bersama 500-an adik asuh, yatim dan adik binaan LAZIS UNS mengikuti rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak pukul 07.00 WIB ini dimulai dengan kegiatan jalan sehat. Dengan titik kumpul di Student Center Universitas Sebelas Maret (SC UNS), rombongan bersama sama melintasi jalanan belakang kampus UNS, hingga sampai kembali di SC UNS. Setelah jalan sehat, acara dimeriahkan dengan live performance adik-adik binaan, Adik asuh, TPA, beserta Rumah Anak Pintar (RAP) yang tampil di atas panggung di dalam SC UNS. Suasana semakin semarak dengan dekorasi ruangan penuh nuansa kemerdekaan dan roncean bendera merah putih.

Continue reading