[PRESS RELEASE] Respon LAZIS UNS Gempa Palu dan Donggala (Sulawesi Tengah)

[PRESS RELEASE] Respon LAZIS UNS Gempa Palu dan Donggala (Sulawesi Tengah)


Jumat, 28 September 2018, pukul 14.00 dan 17.02 WIB telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 7,7 SR. Dampak gempa yang berpusat di darat pada kedalaman dangkal mengguncang wilayah Donggala, Sulawesi Tengah. Sumber gempa berasal dari sesar Palu Koro.

Menurut BMKG, berdasarkan analisis peta guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Donggala, Palu, Poso). Info dari masyarakat di lapangan, telah pula terjadi tsunami di sejumlah titik di Donggala.

Karena putusnya sarana komunikasi dan belum memadainya proses pendataan, sementara total korban dan kerusakan belum dapat dipastikan. Saat ini proses evakuasi masih sedang terus dilakukan oleh sejumlah petugas dan relawan. Pendataan dan penanganan darurat pun masih sedang dilakukan. Sebagian masyarakat masih berada di luar rumah. Mereka berada di tempat aman. Gempa susulan sampai malam ini masih sering berlangsung.

Sampai pukul 21.00 wib jumat malam ,Forum Zakat (FOZ) tak tinggal diam dalam memberikan respon cepat terhadap bencana ini. Selain menggkoordinasikan seluruh anggota dan jaringan FOZ, maka malam ini terdata ada 44 orang relawan yang berangkat mewakili masing-masing lembaga anggota FOZ. Malam ini tim tadi berangkat dari berbagai titik. Ada yang berangkat dari Jakarta, Bandung, Makasar dan Gorontalo. Tim tadi sementara merupakan tim awal dan baru dari 5 lembaga anggota FOZ.

Pengalaman FOZ mengkoordinasikan penanganan bencana di Lombok sebelumnya, maka fokus FOZ adalah memastikan adanya koordinasi yang terjalin baik antara member FOZ maupun dengan Lembaga lainnya yang ada di lapangan. Hal-hal di lapangan terkait pembagian peran, area serta titik aktivitas bisa dibicarakan dengan mudah dengan difasilitasi oleh FOZ.

Tim relawan member FOZ tadi, mereka cukup beragam. Ada yang merupakan tim medis, tim asessment awal, tim pendahulu atau sejenis itu dan tim evakuasi. Mereka datang sebagai relawan dan tanpa mengenal pamrih. Mereka datang dan hadir ke Sulteng, semata-mata memenuhi panggilan kemanusiaan.

LAZIS UNS yang merupakan bagian dari anggota FOZ secara intens berkomunikasi dengan FOZ sekaligus menunggu informasi dari lembaga-lembaga resmi pemerintah untuk mendapatkan informasi valid . LAZIS UNS melakukan penghimpunan dana kemanusiaan untuk korban bencana alam di Palu, Donggala, Poso, Mamuju dan sekitarnya. Penghimpunan dana dimulai dari tanggal 29 September 2018 dan akan disalurkan bersama mitra-mitra di lokasi bencana. ()

Catur Wibowo
(Manajer Umum LAZIS UNS)
081548622358

LAPORAN RAMADHAN 1439 H

LAPORAN RAMADHAN 1439 H

Alhamdulillah, program Ramadan Berbagi tahun 1439 H / 2018 yang dilaksanakan oleh LAZIS UNS secara umum berjalan dengan baik. Pada Ramadan tahun ini, LAZIS UNS melaksanakan berbagai program  Iftor, cinta yatim, cinta dhuafa, bingkisan penghafal Al Quran, wakaf Al Quran, wakaf mukena dan sedekah berkah. Selain itu, LAZIS UNS juga memberikan fasilitas bagi donatur untuk menunaikan zakat mal, fidyah dan zakat fitrah. Program tersebut dilaksanakan mulai 17 Mei sampai 17 Juni 2018

Program Penghimpunan

Program Ramadan Berbagi tahun ini bertujuan untuk mempermudah  para donatur dalam hal cara berdonasi, pilihan donasi dan sasaran donasi. Beberapa kemudahan fasilitas donasi yang kami siapkan adalah: jemput donasi, donasi ke rekening bank , layanan di front office setiap hari kerja, layanan pembayaran di masjid Nurul Huda UNS setiap sore ,  pembayaran donasi melalui relawan sahabat ramadan serta layanan potong gaji bagi yang ingin menjadi donatur rutin. Bentuk sosialisasi program donasi yang kami laksanakan adalah: direct mail, pemasangan spanduk, baliho dan banner; SMS gateway , iklan di majalah GIVE, on-line marketing melalui sosial media dan website, serta silaturahim ke calon donatur atau mitra baik personal maupun lembaga.

donasi yang terkumpul dalam program ini sebesar Rp1.001.181.772,- terdiri dari Paket Iftar / Buka dan Sahur:  Rp494.414.200,- Bingkisan Cinta Yatim: Rp70.858.500,- Bingkisan Cinta Dhuafa: Rp24.920.000,- Bingkisan Penghafal  Quran: Rp20.535.000,- Wakaf Al Quran: Rp61.374.000,- Wakaf Mukena: Rp22.250.000,- Sedekah Berkah: Rp43.155.274,- Zakat Fitrah: Rp18.407.000,- Fidyah: Rp23.755.000,- dan Zakat Mall Rp221.512.798,-. Total Donatur yang berpartisipasi dalam program Ramadhan Berbagi tahun ini mencapai 2190 donatur, terdiri dari donatur:  560 donatur Paket Iftar / Buka dan Sahur,  251 donatur  Bingkisan Cinta Yatim, 191 donatur Bingkisan Cinta Dhuafa, 126 donatur Bingkisan Penghafal  Quran, 357 donatur Wakaf Al Quran, 137 donatur  Wakaf Mukena, 38 donatur  Sedekah Berkah khusus infaq masjid, 192 donatur Zakat Fitrah, 43 donatur Fidyahdan 295 donatur Zakat Mall.

 

Program Penyaluran

Tentunya, kami berusaha secara maksimal menyalurkan dana amanah tersebut dalam bentuk program-program yang bermanfaat. Program-program tersebut  dirancang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang membutuhkan, dilaksanakan dengan manajemen yang baik, sesuai dengan prioritas dan dikelola oleh relawan profesional  serta mitra yang terpercaya. Adapun penerima manfaat program ramadhan tahun ini mencapai 4066 penerima manfaat di 76 lokasi  yang terdiri dari: 3000 penerima manfaat program iftor/buka puasa dan sahur gratis di 20 lokasi, 150 bingkisan cinta yatim di 10 lokasi, 400 bingkisan cinta dhuafa di 15 lokasi, 50 bingkisan penghafal al Quran , 406 wakaf al Quran di 22 lokasi dan 60 wakaf mukena di  8 lokasi.

Sedangkan dana total disalurkan mencapai Rp691.647.100,- dengan rincian penyaluran: Paket Iftar / Buka dan Sahur:  Rp494.414.200,- Bingkisan Cinta Yatim: 39.578.600,- Bingkisan Cinta Dhuafa: Rp9.125.100,- Bingkisan Penghafal  Quran: Rp6.876.600,- Wakaf Al Quran: Rp Rp19.600.000,- Zakat Fitrah: Rp18.407.000,- dan penyaluran Zakat Mall Rp98.330.800,-. Tentunya, semua hasil penghimpunan Ramadhan tidak disalurkan saat ramadhan tahun ini, tetapi juga disalurkan dalam di bulan-bulan lain sesuai dengan amanah dana tersebut.

Manajemen dan Pengelolaan

Aktivitas dan operasional LAZIS UNS didasari dengan LAZIS UNS disahkan SK Rektor UNS No.493/UN27/OT/2013 tentang pembentukan Takmir Masjid Nurul Huda UNS dan LAZIS UNS di dalamnya Struktur LAZIS UNS  terdiri dari: Pembina, Konsultan Syariah, Pembina Regulasi, Pengurus terdiri dari: Ketua I, Ketua II dan Sekretaris, Pengelola (Amil) dan karyawan sejumlah 12 Orang terdiri dari: Manajer Umum, Manajer Operasional, Manajer Keuangan, Manajer Program dan Manajer Fundraising, Manajer unit Usaha, Serta staff khusus Progam dan didukung oleh140 Relawan.

Dalam pelaksanaan program ramadhan berbagi, teknis pelaksanaan dilakukan oleh seluruh 12 orang pengelola LAZIS UNS, 53 Relawan LAZIS UNS, serta mitra-mitra dari lembaga kampus UNS maupun luar kampus UNS yang bekerja sama dalam beberapa program.  Untuk mendukung layanan dan kelancaran program, LAZIS UNS memiliki fasilitas front-office dan kantor pengelola di komplek Masjid Nurul Huda UNS serta 3 mobil operasional berupa mobil Siaga Bencana, Ambulan dan mobil operasional.

Dalam sistem keuangan, LAZIS UNS menerapkan system keuangan dan akuntansi Zakat (menuju PSAK 109) dengan database on-line. Memiliki 6 rekening Bank yang berfungsi untuk memudahkan donasi, penyimpanan dana serta memudahkan manajemen keuangan.

Evaluasi

Alhamdulillah, program Ramadan Berbagi tahun 1439 H / 2018 yang dilaksanakan oleh LAZIS UNS secara umum berjalan dengan baik. Namun beberapa evaluasi tetap menjadi catatan tersendiri dalam program ini. Diantaranya adalah dari segi penghimpunan dana: syiar atau sosialisasi program harus ditingkatkan lagi, mengingat UNS sendiri mempunyai potensi donatur  lebih dari 3.000 tenaga kependidikan dan 25.000 mahasiswa aktif tiap tahunnya;  belum lagi potensi donatur dari alumni UNS, lembaga atau perusahaan, dan masyarakat yang jumlahnya cukup besar.  Ke depan, tentunya kami harus membuat program untuk meningkatkan kesadaran menuanaikan zakat, membiasakan sedekah serta peduli kepada sesama secara lebih masif.

Evaluasi di sisi program pemberdayaan, pemberdayaan dana sebagian besar masih bersifat bantuan langsung dan konsumtif dan dengan jangkauan yang terbatas. Sehingga ke depan kami harus mempunyai komitmen untuk memberdayakan dana dalam bentuk program yang  produktif, mempunyai efek berkelanjutan, dan di lokasi yang lebih luas.

Apresiasi

Pencapaian  program Ramadan berbagi ini ini bukanlah semata-mata hasil kerja sekelompok orang dalam lembaga, melainkan merupakan hasil kerja seluruh komponen. Oleh karenanya, pada kesempatan ini, segenap pengelola mengajak seluruh komponen LAZIS UNS untuk tetap berkarya dalam mengawal pertumbuhan lembaga di masa mendatang. Atas nama pengelola, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Rektor UNS, Presidium Masjid Nurul Huda UNS dan Pengurus LAZIS UNS atas bimbingan dan pembinaan yang telah diberikan.

Tidak lupa, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Bapak/Ibu donatur, relawan LAZIS UNS, mitra usaha penyaluran, dan mitra lainnya atas kontribusi yang telah diberikan. Akhir kata kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pengelola / Amil LAZIS UNS atas dedikasi, loyalitas yang tinggi, semangat kebersamaan, keikhlasan dan kerja keras serta keinginan untuk memberikan yang terbaik. Semoga semangat, kualitas pelayanan, dan kinerja tersebut dapat di tingkatkan di masa yang akan datang. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi setiap upaya kita.

 

Surakarta, 20 Juli 2018

 

Catur Wibowo

(Manajer Umum)

Laporan umum lengkap bisa di LAPORAN RAMADHAN 1439 2018

SUPERCAMP 2018 BEASISWA PRESTASI MAHASISWA UNS

SUPERCAMP 2018 BEASISWA PRESTASI MAHASISWA UNS

Masjid Nurul Huda – Sabtu (10/2), LAZIS UNS mengadakan kegiatan Supercamp 2018. Kegiatan Supercamp  ini rutin diadakan setiap tahun sebagai kegiatan perdana untuk mahasiswa peserta penerima beasiswa Pretatif Mahasiswa (BPM)  dan tahun ini memasuki tahun ketiga yang bertempat di Villa Harjuna, Tawangmangu, Karanganyar. Sebanyak 30 peserta dari beberapa Perguruan Tinggi di Karesidenan Surakarta mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan ini para peserta mendapatkan beberapa materi terkait pengembangan diri dan motivasi kewirausahaan. Selain itu, para penerima manfaat BPM yang juga merupakan calon Relawan Lazis UNS ini dikenalkan lebih dekat terhadap berbagai program kegiatan Lazis UNS.

Pada hari terakhir  pelaksanaan Supercamp 2018 ini peserta menandatangani kontrak beasiswa dan menerima penyaluran beasiswa tahap pertama. Sebesar dua puluh empat  juta rupiah disalurkan LAZIS UNS pada tahap awal penyerahan beasiswa ini. Selain mendapatkan beasiswa, nantinya para peserta BPM 2018 juga diberikan pembinaan rutin beserta pelatihan pelatihan yang dapat membantu megembangkan potensi yang mereka miliki.

Salah satu peserta supercamp 2018, Jamaluddin Mahasiswa dari  IAIN mengaku sangat senang dan antusias mengikuti kegiatan ini. Ini adalah tahun kedua bagi dia menjadi peserta acara supercamp LAZIS UNS ”supercamp tahun2018 sangat luar biasa selain mendapatkan banyak  ilmu namun juga mendapatkan teman teman baru, semoga BPM tahun ini lebih maju dan lebih baik lagi”tuturnya.

LAZIS UNS SALURKAN BEASISWA PRESTASI MAHASISWA 2018

LAZIS UNS SALURKAN BEASISWA PRESTASI MAHASISWA 2018

Masjid Nurul Huda – Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Universitas Sebelas Maret (LAZIS UNS) kembali menyalurkan beasiswa prestasi mahasiswa pada awal tahun 2018 ini. Sebanyak dua puluh empat juta rupiah disalurkan kepada 30 orang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Solo.

Penyaluran tahap pertama ini dilaksanakan berbarengan dengan kegiatan Supercamp 2018 pada Sabtu (10/02) sampai Ahad (11/02). Selain mendapatkan beasiswa, nantinya para peserta BPM 2018 juga diberikan pembinaan rutin beserta pelatihan pelatihan yang dapat membantu memgembangkan potensi yang mereka miliki.

Salah satu kegiatan yang sudah dilaksanakan adalah Supercamp 2018 yang diselenggarakan Sabtu (10/02) – Ahad (11/02) di Villa Harjuna, Tawangmangu, Karanganyar. Dalam kegiatan ini para penerima manfaat BPM yang merupakan mahasiswa dari berbagai kampus di lingkungan Solo Raya mendapatkan berbagai materi pengembangan diri.

Selain itu mereka juga diajak untuk terjun ke beberapa kelompok masyarakat yang berada di lingkungan acara untuk berdialog. Hasil dialog ini kemudian dibahas dalam forum diskusi sebagai bagian dari kegiatan analisis sosial.

Peresmian dan Baksos Rumah Anak Pintar Unit Kampung Sewu

Peresmian dan Baksos Rumah Anak Pintar Unit Kampung Sewu

Surakarta, LAZIS UNS – Keceriaan anak-anak Rumah Anak pintar di Kampung sewu, Jebres, Surakarta terlihat jelas saat acara peresmian dan
baksos  di halaman Rumah Anak Pintar unit kampung Sewu pada Ahad 19 Desember 2017 kemarin.

Acara dibuka dengan penampilan  lagu mars Rumah Anak Pintar oleh anak-anak RAP dan tilawah Alquran oleh adik Nabila, Penandatanganan kerjasama dan pemotongan nasi tumpeng menjadi  Acara puncak peresemian dan baksos pada Ahad kemaren, Acara berlangsung dengan khidmat dan penuh dengan keceriaan.

Continue reading

Belajar Sambil Rekreasi dalam Wisata Edukasi Adik Asuh Yatim LAZIS UNS

Belajar Sambil Rekreasi dalam Wisata Edukasi Adik Asuh Yatim LAZIS UNS

Surakarta, LAZIS UNS – Sebanyak 50 adik asuh yatim LAZIS UNS mengikuti kegiatan Wisata Edukasi Yatim di Yogyakarta, Ahad (19/11) kemarin. Kegiatan ini bertujuan memberikan kebahagiaan serta pengalaman baru bagi adik-adik yatim. Pukul 07.00 WIB rombongan adik asuh berangkat dari LAZIS UNS menggunakan 2 armada bus menuju ke Sentra Edukasi Gerabah di Kasongan, Bantul, kemudian berlanjut ke Wisata Air Tirtonirmolo Waterpark Prambanan.

Adik asuh binaan LAZIS UNS yang terdiri dari dua jenjang SD dan SMP ini setiap 2 pekan sekali mengikuti pembinaan dari LAZIS UNS dan menerima beasiswa setiap bulannya. Sedangkan kegiatan Wisata Edukasi Yatim ini merupakan bentuk penyegaran di samping pembinaan rutin supaya adik-adik dapat belajar sekaligus berekreasi yang mungkin jarang mereka dapatkan.

Continue reading

Peresmian Tempat Wudhu di Desa Ujung Utara Boyolali

Peresmian Tempat Wudhu di Desa Ujung Utara Boyolali

Boyolali, LAZIS UNS – Selasa (7/11) kemarin Lazis UNS turut meresmikan tempat wudhu di Masjid Al Fatah, Desa Jerukan, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali, bersama takmir masjid setempat. Dana untuk pembangunan tempat wudhu ini merupakan penyaluran dari donasi Peduli Masjid yang terhimpun dari donatur LAZIS UNS.

Desa Jerukan terletak di ujung utara Boyolali, sekitar 2-3 jam dari pusat pemerintahan Kab. Boyolali. Sementara Masjid Al Fatah merupakan satu-satunya masjid di Desa Jerukan. Sebelumnya fasilitas tempat wudhu di masjid ini belum memadai.

Continue reading

Berbagi Bersama Anak Yatim LAZIS UNS

Berbagi Bersama Anak Yatim LAZIS UNS

Surakarta, LAZIS UNS – Sebanyak 108 anak yatim luar panti beserta orang tua/walinya menghadiri acara Berbagi Bersama Anak Yatim yang diselenggarakan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (LAZIS) UNS, Rabu (25/10) sore. Bertempat di Ruang Seminar Masjid Nurul Huda UNS, anak-anak yatim tersebut mendapat bingkisan dan santunan senilai Rp 200.000,- untuk masing-masing anak. Acara ini merupakan event penyaluran program donasi Kado Yatim yang dibuka selama bulan Muharram 1438H.

Continue reading

75 Pengajar TPA Se-eks Karesidenan Surakarta Ikuti Training Manajemen TPA LAZIS UNS

75 Pengajar TPA Se-eks Karesidenan Surakarta Ikuti Training Manajemen TPA LAZIS UNS

Surakarta, LAZIS UNS – Alhamdulillah pada Ahad (22/10) kemarin telah terlaksana kegiatan Training Manajemen Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) di Ruang Seminar Masjid NH UNS dengan tema Menjadi Pengajar yang Energik dan Inspiratif Mewujudkan Generasi Berprestasi nan Rabbani. Kegiatan Training Manajemen TPA ini diharapkan menjadi ajang upgrade ilmu bagi pengajar TPA sehingga meningkatkan kualitas SDM pengajar. Dengan demikian harapan akan terbentuknya generasi santri berprestasi nan Rabbani dapat terwujud.

Sebanyak 75 pengajar TPA dari berbagai daerah se-eks karesidenan Surakarta menghadiri kegiatan ini. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan yang diisi oleh Ustadz Dhohir Subagyo atau yang lebih akrab dipanggil dengan Kang Dhohir. Pada kesempatan ini Ustadz Dhohir menyampaikan materi tentang psikologi anak dan manajemen TPA yang baik. Tak lupa juga pada sesi akhir peserta langsung diajak untuk mempraktekkan ilmu yang didapatkan. 

 

Aksi Rohingya Memanggil!, Terhimpun Donasi Rp 74 Juta Untuk Rohingya

Aksi Rohingya Memanggil!, Terhimpun Donasi Rp 74 Juta Untuk Rohingya

Surakarta, LAZIS UNS – LAZIS UNS bersama Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Solo menggelar Aksi Rohingya Memanggil! bertempat di Aula Utama Masjid Nurul Huda UNS, Jumat (29/9). Aksi ini berupa talkshow yang menghadirkan Ust. Muhammad Rudi selaku Sekjen BSMI serta Ust. Hatta Syamsudin dari Ikatan Dai Indonesia.

Materi pertama disampaikan oleh Ust. Muhammad Rudi, Sekjen BSMI dan Anggota Advance Team yg merupakan Tim pertama yg di kirim ke Rakhine States. Beliau memaparkan tentang kondisi teraktual di Rakhine sekaligus menceritakan betapa saat ini bantuan sulit masuk langsung ke Rakhine. Alhamdulillah, BSMI telah menyalurkan beberapa paket kebutuhan primer terutama pangan dan sandang untuk masyarakat yang terisolir di sana melalui Sittwe.

Continue reading