1000 Santri TPQ se – Solo Raya Peringati Kemerdekaan dengan Wisuda Tahfidz Surah An – Naba

1000 Santri TPQ se – Solo Raya Peringati Kemerdekaan dengan Wisuda Tahfidz Surah An – Naba

Bagi mayoritas orang, akhir pekan merupakan waktu bersantai yang khusus dihabiskan bersama keluarga. Entah dengan pergi ke tempat rekreasi atau sekedar berada di rumah. Tapi berbeda dengan yang dilakukan oleh ribuan anak di Solo dan sekitarnya ini. Ahad ,27 Agustus 2017, bersama dengan keluarganya mereka berkumpul di Masjid Nurul Huda UNS guna mengikuti acara Wisuda Tahfidz Surah An – Naba yang diikuti oleh 1000 Santri TPQ se – Solo Raya.

Acara yang berlangsung sejak pagi sampai dzuhur ini menghadirkan Ustadz Syihabbuddin Al Hafidz selaku Mudir Ma’had Isy Karima dan Prof Zainal Arifin selaku ketua MUI Solo. Dalam sambutannya, beliau mengingatkan pada orang tua dan pembimbing agar senantiasa bersemangat dalam mendekatkan anak-anak pada Al-Quran. “Al-Quran adalah pedoman hidup bagi umat manusia, sehingga kita perlu menanamkan nilai-nilai Al-Quran dalam jiwa setiap anak-anak sejak ia kecil. Jangan sampai kita lalai dalam mendidik anak-anak kita, padahal mereka adalah investasi yang berharga bagi kita. Oleh karena itu, kita harus hadir dan mendampingi mereka dalam masa pertumbuhannya”.

Lebih lanjut, acara yang diselenggarakan oleh LKG Solo dan Takmir Masjid Nurul Huda UNS ini digelar salah satunya bertujuan untuk mensyukuri nikmat Kemerdekaan yang Allah berikan pada bangsa kita melalui perjuangan para Pahlawan, ungkap Suwarto selaku panitia. Beliau melanjutkan, “seharusnya kita memperbanyak hal-hal yang bermanfaat seperti ini dalam mengisi kemerdekaan. Kita ingin mengajarkan pada anak-anak bahwa mensyukuri kemerdekaan tidak terbatas pada acara-acara seperti pawai atau karnaval, tapi juga dengan mengisi keseharian kita dengan hal-hal yang bermanfaat seperti ini, dan itu adalah salah satu jiwa pahlawan”.

Takmir Masjid Nurul Huda UNS ini sendiri berkomitmen dalam membina dan menjaga karakter anak-anak sejak dini serta masyarakat pada umumnya. Diantaranya dengan menyelenggarakan program-program pembinaan dan pemberdayaan masyarakat seperti dusun binaan, TPA binaan hingga bakti social. Program-program tersebut merupakan hasil kerja sama antara Takmir Masjid Nurul Huda UNS dengan Lazis UNS maupun Lembaga Dakwah Kampus. Selain itu ada pula event akbar seperti Holiday with Quran for Kids, Pesantren Rohis, Camping Quran, Indonesia Mendongeng, Silaturahim Akbar Guru TPQ se – Solo Raya dan lain sebagainya.

Kita berharap, acara Wisuda Tahfidz ini memberikan dan menularkan keberkahan bagi seluruh bangsa Indonesia, ujar Wahab selaku ketua panitia.

[AGENDA NH] CAMPING QUR’AN DESEMBER 2016

[AGENDA NH] CAMPING QUR’AN DESEMBER 2016

Isi liburan semester kamu dengan belajar Al Qur’an yuk,

“CAMPING QUR’AN 2016 ”

Camping ur’an adalah acara spesial untukmu yang ingin menghafalkan Qur’an, muroja’ah, dan memperlancar bacaan Qur’an .

Jum’at – Ahad, 30 Des 2016 – 1 Jan 2017 (menginap)

Di Masjid Nurul Huda UNS

Kontribusi peserta :
Umum: 75K
Mahasiswa UNS: 50K

Dengan Fasilitas:
Pendampingan oleh Musyrif/ah Hafizh/ah
Makan berat 6x
Snack & coffee break
Hadiah peserta terbaik

 Spesial Camping Qur’an kali ini akan ada sertifikasi juz 30 & pelatihan tajwid metode nurul bayan (mesir)
Yuk daftarkan dirimu segera ‼
👉🏻 Reg CQ (spasi) Nama Lengkap (spasi) Profesi (spasi) Jumlah Hafalan
👉🏻Kirim ke:
085725503755 ( PUTRA )
085701366830 ( PUTRI )

camping-quran-des-2016

Camping Qur’an Semarak Muharam 1438 H

Camping Qur’an Semarak Muharam 1438 H

Camping Quran hadir dlm Semarak Muharram 1438H

Jumat-Ahad, 30-2 Okt 2016 (Menginap)
Masjid Nurul Huda UNS.
Kontribusi: Pelajar/Mahasiswa 50k
Umum 75k

Cara daftar:
Reg CQ_Nama Lengkap_Profesi_Jumlah Hafalan
Kirim ke:
085725503755 (Pa)
085784912406 (Pi)

Takmir Masjid NH -JRQ Haramain-UKM IQ-ALQUMI
__________

Camping Qur’an adalah kegiatan daurah Qur’an selama 3 hari, dimana para peserta akan diajak untuk berinteraksi lebih intensif dengan Al Qur’an. Dalam kegiatan ini peserta akan dipandu untuk memperlancar dan memperbagus bacaan Al Qur’an. Pada tahap selanjutnya peserta akan diajak untuk menambah hafalan ayat-ayat Al Qur’an dan melakukan murojaah dari ayat-ayat Al Qur’an yang telah dihafal.

Dengan metode yang dikembangkan oleh Jaringan Rumah Qur’an Haramain dipandu oleh musyrif dan musyrifah (pemandu) yang kompeten dibidangnya, kegiatan ini ditujukan untuk Muslimin dan Muslimat yang ingin menghafal Al Qur’an namun karena kesibukan memiliki keterbatasan waktu untuk menghafal Al Qur’an.

Ajak Anak Muda Gemar Baca Quran

Ajak Anak Muda Gemar Baca Quran

3

SOLO – Lantunan ayat suci Alquran mengalun merdu dari dalam Masjid Nurul Huda Universitas Sebelas Maret (UNS), kemarin pagi (12/6). Lantunan ayat suci itu ternyata dilafadzkan oleh tiga pemuda kembar yang tergabung dalam Trio Hamanis, Hannan, Mannan dan Ikhsan dalam Silaturahmi Remaja Masjid se-Eks Karesidenan Surakarta.

Kegiatan ini diprakarsai Panitia Takmir Masjid Nurul Huda UNS, bekerja sama dengan UKM Ilmu Quran UNS, dan Lazis UNS. Setelah membaca quran, Trio Hamanis diberi kesempatan memandu talk show.

“Ya kegiatan semacam ini memang kita adakan untuk menginspirasi mahasiswa UNS untuk gemar menghafal Quran. Kebetulan kami juga bekerjasama dengan LKRM (Lembaga Koordinasi Remaja Masjid, red) se-Eks karesidenan Surakarta,” Ketua Pelaksana Harian Takmir Masjid Nurul Huda UNS, Suwarto kepada Radar Solo.

Di Masjid Nurul Huda, ada semacam kegiatan untuk pendalaman pada hafalan Quran. Di antaranya Camping Quran, Sekolah Quran, dan Itikaf Quran. Camping Quran dilakukan tiga hari dengan target menghafal satu juz.

“Sekolah Quran konsepnya seperti TPA, tapi hanya difokuskan untuk menghafal Quran. Sedangkan Itikaf Quran dilakukan di malam-malam terakhir Ramadhan dengan target tiga juz. Peserta Sekolah Quran tiap tahun ada 400 orang dan Camping Quran sekitar 600 orang,” jelas Suwarto.

Sementara saat talk show, Trio Hamanis banyak memberi motivasi kepada peserta. “Kami belajar menghafal quran sejak umur 3 tahun. Setelah dewasa kami jadi terbiasa,” beber Ikhsan. (Radar Solo)

Silaturahmi Remaja Masjid Se- Solo Raya bersama Trio Hamanis di Masjid Nurul Huda UNS

Silaturahmi Remaja Masjid Se- Solo Raya bersama Trio Hamanis di Masjid Nurul Huda UNS

4

Hampir 500 remaja dan aktifis masjid berkumpul di Masjid Nurul Huda dalam kegiatan Silaturahim Remaja Masjid Se-Solo Raya ,Ahad (12/6). Menghadirkan Trio Hamanis, tiga saudara kembar penghafal Al Qur’an acara ini merupakan salah satu rangkaian Ramadhan di Kampus UNS.

Acara diawali dengan tasmi’ juz 30 oleh Huffazh UNS, sebagai bagian dari Khataman Al Qur’an yang telah dimulai sejak Jum’at (9/6). Dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Presidium Takmir Masjid Nurul Huda yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Drs. Sutarno, M.Sc, Ph.D membuka acara ini.

Fitra Jaya Saleh selaku moderator memulai Talkshow dengan perkenalan Trio Hamanis yang bernama lengkap Abdul Hannan Jamaludin, Abdul Mannan Jamaludin, dan Abdul Ihsan Jamaludin. Perjalanan ketiga bersaudara ini menghafal Al Qur’an sudah dimulai sejak mereka kecil. Dalam keseharian mereka sudah dibiasakan mendengarkan murotal. Bahkan ayahnya juga sering membawa mereka mengajar Al Quran. Namun, menghafal secara keseluruhan dimulai pada tahun 2012.

Mereka menempuh pendidikan sekolah menengah di Ngruki hingga memperoleh 3 juz. Lalu mengkatamkan hafalan di Darul Quran dengan bimbingan Ustadz Yusuf Mansyur. Akan tetapi, mereka memilih home schooling untuk fokus pada hafalan. Banyak metode yang mereka coba untuk menghafal. Dan banyak pula hambatan selama proses itu, namun mereka dapat mengatasinya dengan baik. “Air itu tidak selalu tenang, justru rasa susah itu bumbunya. Lagipula Allah menilai prosesnya” ujar Ihsan.

Ayahanda Trio Hamanis menganjurkan para orang tua untuk jadi shalih dahulu sebelum mendidik anaknya menjadi shalih. Orang tua harus menjadi teladan untuk anaknya dan membiasakan dengan kegiatan yang terjadwal. Seperti shalat bersama, mengaji bersama, hafalan bersama, bahkan menonton TV pun bersama. Acara Silaturahmi Remaja Masjid Solo Raya ini ditutup menjelang adzan Dzuhur berkumandang.

Menristekdikti Tutup Agenda Khotmil Qur’an Lustrum UNS Ke 8

Menristekdikti Tutup Agenda Khotmil Qur’an Lustrum UNS Ke 8

DSC_0224

Membaca enam surat terakhir dari Al Qur’an, Menristekdikti Prof. Mohammad Nasir, Ph.D., AK menutup agenda khotmil Qur’an dalam rangkaian agenda lustrum ke 8 UNS pada Jum’at (11/03).

Selanjutnya dalam sambutannya di hadapan ribuan jamaah masjid Nurul Huda dan civitas akademika UNS, Menristekdikti menyampaikan harapannya semoga dengan pelaksanaan Khotmil Qur’an ini dengan barokah Qur’an semoga UNS makin maju berkembang dan berbudaya.

Kegiatan khotmil Qur’an ini sendiri dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Sebelas Maret Prof. DR. Ravik Karsidi, MS. pada Rabu (09/03). Selama 3 hari, secara bergantian 42 Mahasiswa UNS yang juga merupakan penghafal Al Qur’an membacakan surat demi surat dalam Al Qur’an.

Kegiatan semaan ini telah berlangsung selama dua periode, dan diharapkan bisa menjadi tradisi baik dalam kegiatan dies natalis UNS.

Semaan dan Khataman Al Qur’an Dalam Rangka Lustrum UNS Ke 8

Semaan dan Khataman Al Qur’an Dalam Rangka Lustrum UNS Ke 8

IMG_9329

Rektor Universitas Sebelas Maret, Prof. DR. Ravik Karsidi, MS membuka kegiatan semaan khataman Al Qur’an dalam rangka Lustrum UNS Ke 8 di Masjid Nurul Huda UNS, Rabu 9 Maret 2016.

Kegiatan semaan dan khataman Al Qur’an ini akan berlangsung sepanjang Rabu – Jum’at, 9-11 Maret 2016. Secara bergantian para Huffadz (Penghafap UNS) yang merupakan mahasiswa dan dosen UNS akan bergantian membacakan surat demi surat dalam Al Qur’an hingga khatam.

Rektor UNS mengawali pelaksanaan kegiatan semaan Al Qur’an dengan membaca surat Al Fatihah yang dilanjutkan pembacaan 10 ayat pertama dari surat Al Baqoroh oleh Syekh Ahmad Al Mishri. Selanjutnya secara bergantian dibacakan juz pertama dari Al Qur’an oleh Zamzam Abdullah (FP 2013) dan Ahmad Falahudin (FIB/ 2012)

Kegiatan semaan ini telah berlangsung selama dua periode, dan diharapkan bisa menjadi tradisi baik dalam kegiatan dies natalis UNS. Direncanakan Menristekdikti Prof. Mohammad Nasir, Ph.D., AK akan hadir mnutup kegiatan semaan dan khataman Al Qur’an pada Jum’at 11 Maret 2016 lusa.

Diawali dengan tabligh akbar bersama Syekh Ahmad Al Mishri yang menyampaikan keutamaan-keutamaan interaksi dengan Al Qur’an.

Jamaah Masjid Nurul huda dan civitas akademika UNS dapat ikut serta menyimak pembacaan kalam suci Al Qur’an ini, untuk jamaah putra bertempat di aula utama, sedang jamaah putri di ruang Seminar Masjid Nurul Huda.

Ikut KBM Ilmu Al Qur’an, Alhamdulillah Hafal 2 Juz Al Qur’an

Ikut KBM Ilmu Al Qur’an, Alhamdulillah Hafal 2 Juz Al Qur’an

12764715_1347621895263861_7342406848516585422_o

UKM Ilmu Al Qur’an Universitas Sebelas Maret Surakarta menyelenggarakan Wisuda KBM Tahsin & Tahfizh IQ 2015 pada Sabtu 27 Februari 2015. Kegiatan belajar mengajar yang dimulai 1 Mei 2015 ini merupakan salah satu program unggulan Ilmu Al Qur’an UNS.

Bertempat di Ruang Diskusi Masjid Nurul Huda UNS, penyerahan sertifikat secara simbolis dilakukan oleh Bapak Irfan Abu Nazar, M.Ag selaku Pembina IQ 2015 kepada peserta wisudawan/wisudawati.

Jumlah peserta wisudawan/wisudawati KBM Tahsin & Tahfizh IQ 2015 yaitu sejumlah 131 peserta (wisudawan sejumlah 13 orang dan wisudawati berjumlah 118 orang). Selama 1 periode KBM, kami memilih 5 peserta terbaik dengan kriteria hasil ujian terbaik selama 3 kali ujian. Nama peserta terbaik tersebut antara lain

Tahsin Pemula Terbaik

1. Annisa Rokhim

2. Faska Seandhi

Tahsin Lanjutan Terbaik

1. Siti Zulaikah

2. Yuslifar H. A.

C. Tahfizh Terbaik

1. Ayu Sholichah
Peserta Tahfizh terbaik merupakan peserta yang memiliki jumlah “hafalan baru” terbanyak selama 1 periode belajar di KBM IQ 2015 yaitu sebanyak 40 halaman dan disetorkan pada ujian 3 sekali duduk.

Selanjutnya yaitu pemberian penghargaan “Inspiring Teacher”  kepada pengajar KBM Tahsin & Tahfizh IQ 2015. Yaitu :
A. Inspiring Teacher Kelas Tahsin Pemula
1. Istiqomah Annisaa
2. Husnul Jaza’
B. Inspiring Teacher Kelas Tahsin Lanjutan
1. Gesti Munasah
2. Muhammad Salsabil Lasarik
C. Inspiring Teacher Kelas Tahfizh
1. Asma Azizah
2. Jundullah Al Faruqi

Wisuda Tahsin dan Tahfidz UKM Ilmu Al Qur’an

Wisuda Tahsin dan Tahfidz UKM Ilmu Al Qur’an

12764715_1347621895263861_7342406848516585422_o

Sabtu, 27 Februari 2016 akhirnya bidang pendidikan periode 2015 telah menyelesaikan 1 program kerja terakhirnya yaitu “Wisuda KBM Tahsin & Tahfizh IQ 2015”. Acara ini merupakan serangkaian program KBM Tahsin & Tahfizh IQ yang dimulai pada tanggal 1 Mei 2015.

Acara Wisuda dimulai dengan pembukaan dan tasmi’ Al-Qur’an oleh akhina Muhammad Aufa Aulia yang merupakan Hafizh Qur’an 30 juz dari fakultas Teknik. Kemudian sambutan dari akhina Brian Fikri Hidayat (Ketua Bidang Pendidikan), dilanjutkan oleh akhina Rendra Mochtar Habibie (Ketua Umum IQ 2015) dan kemudian Bapak Irfan Abu Nazar, M.Ag (Pembina IQ 2015). Materi disampaikan oleh Ustadz Syafi’ul Anam tentang “Keutamaan Belajar Al-Qur’an”.

Tibalah pada puncak acara wisuda, yaitu pembacaan nama wisudawan/wisudawati serta perwakilan secara simbolis penyerahan sertifikat dan CD oleh Bapak Irfan Abu Nazar, M.Ag selaku Pembina IQ 2015 kepada peserta wisudawan/wisudawati. Jumlah peserta wisudawan/wisudawati KBM Tahsin & Tahfizh IQ 2015 yaitu sejumlah 131 peserta (wisudawan sejumlah 13 orang dan wisudawati berjumlah 118 orang).

600 Pelajar dan Mahasiswa Mengawali Tahun 2016 dengan Menghafal Al Qur’an

600 Pelajar dan Mahasiswa Mengawali Tahun 2016 dengan Menghafal Al Qur’an

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Mengawali aktifitas di tahun 2016, Masjid Nurul Huda UNS kembali menyelenggarakan Camping Qur’an. Sekitar 600 orang peserta tercatat  mengikuti kegiatan yang merupakan agenda dwi bulanan Masjid Kampus UNS ini. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 1 sekaligus Ketua Presidium Masjid Nurul Huda UNS, Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D pada Jum’at 1 Januari 2016.

Presidium Takmir Masjid Nurul Huda UNS sangat mendukung penyelenggaraan kegiatan Camping Qur’an ini. Berkebetulan dengan pergantian tahun, diharapkan kegiatan ini memberikan motivasi untuk mengisi aktifitas di hari-hari selanjutnya tahun 2016 ini dengan aktifitas kebaikan.

Kegiatan Camping Qur’an adalah program pembelajaran Al Qur’an secara intensif. Selama tiga hari para peserta akan diajak untuk berinteraksi lebih dekat dengan AL Qur’an. Target utama yang hendak dicapai dalam kegiatan ini adalah bertambah dan terjaganya hafalan Al qur’an para peserta. Namun program khusus Tahsin diberikan sebelum para peserta mulai menghafal.

Para peserta akan mendapat bimbingan dari Huffadz UNS yang tergabung dalam UKM Ilmu Al Qur’an dan juga asatidz dari Rumah Qur’an Haramain. Selain menghafal dan melaksanakan muroja’ah, para peserta juga akan mendapatkan beberapa motivasi dan pelatihan teknik menghafal dari Rumah Qur’an Haramain.

Selain dari dalam kota Solo, para peserta yang umumnya merupakan pelajar dan mahasiswa ini datang dari berbagai kota seperti Yogyakarta, Semarang, Ponorogo dan Surabaya. Tercatat peserta termuda duduk dibangku kelas 5 SD dan tertua usia 60 tahun. Tingginya antusiasme peserta, membuat panitia menambah kuota dari awalnya 200 menjadi 600 peserta.