Universitas Sebelas Maret Selenggarakan Tarhib Ramadhan

Universitas Sebelas Maret Selenggarakan Tarhib Ramadhan

Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan Tarhib Ramadhan Senin (14/05) untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan yang akan hadir beberapa hari lagi. Bertempat di auditorium UNS, kegiatan ini diikuti oleh ratusan civitas akademika UNS. Kegiatan yang juga dihadiri oleh Rektor UNS, Prof. Ravik Karsidi ini mengambil tema “Mengoptimalkan Aplikasi Impementasi UNS ACTIVE dengan Spirit Ramadhan. Menjadi pembicara dalam kegiatan ini Dekan Fakultas Kedokteran Prof Hartono.

Continue reading

Parade Imam Muda Nusantara

Parade Imam Muda Nusantara

Masjid Nurul Huda UNS – Menghadirkan Qari muda Muzammil Hasballah, Unit Kegiatan Mahaiswa Ilmu Al Qur’an menyelenggarakan Parade Imam Nusantara, Ahad 8 April 2018. Ribuan jamaah yang sebagaian besar dari kalangan generasi  muda memenuhi Masjid Nurul Huda sejak maghrib.

Selain Muzamil, kegiatan ini juga menghadirkan Abdul Aziz Ma’arif , imam Masjid Jogokaryan Yogyakarta, Rudy Hartanto dari Rumah Qur’an Haramain, Muhammad Ridwanullah dan Aufa Aulia. Para imam muda ini bergantian memimpin sholat berjamaah maghrib, isya dan shubuh juga sholat malam dan witir.

Dalam talkshow yang berlangsung bada sholat isya, para pembicara menyampaikan motivasi dan tips-tips kepada para jamaah berinteraksi dengan Al Qur’an. Pemuda Quran adalah pemuda yg di hatinya terinstal Al Quran. Ada tiga level dalam berinteraksi dengan Al Qur’an. Ada yang memulainya dengan rajin membaca walau tidak memahami maknanya, ada yang rajin membaca dan belajar memahami maknanya, hingga sampai pada level menjaga Al Qur’an dan mengamalkannya.

Sekretaris Presidium Takmir Masjid Nurul Huda, Syafi’i dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan kegiatan ini. Beliau berharap bahwa dari kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa UNS pada khususnya generasi muda pada umunya untuk semakin mencintai Al Qur’an dan menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupan apapun kelak profesi yang mereka jalani.

WISUDA SEKOLAH PRANIKAH NH FAMILY CENTER

WISUDA SEKOLAH PRANIKAH NH FAMILY CENTER

Masjid Nurul Huda – Sebanyak 190 peserta Sekolah Pranikah mengikuti prosesi wisuda yang diselenggarakan Jum’at (16/02). Bertempat di Ruang Seminar Masjid Nurul Huda, prosesi wisuda dipimpin oleh Sekretrais Presidium Takmir Masjid Nurul Huda Syafi’i.

Tahun 2017 ini Sekolah Pranikah telah memasuki angkatan ke 7 untuk peserta putri. Pada tahun ini pula telah dibuka angkatan pertama untuk peserta putra. Kegiatan SPN berlangsung selama tiga bulan yang terbagi dalam 12 pertemuan.

Continue reading

[ARTIKEL] Al Quds: Keberadaan dan Maknanya

[ARTIKEL] Al Quds: Keberadaan dan Maknanya

Sungguh, Baitul Maqdis punya hikayat dan kisah … sejak dimulainya zaman dengan adanya pembagian dan pembeda, antara Makkah yang agung dan al-Quds yang indah, antara Makkah tempat turunnya rahmat dan al-Quds tempat naiknya malaikat. Baitul Maqdis pada umat sekarang ini menunjukkan perhatian mereka, seakan-akan keadaan menunjukkan bahwa Makkah haram kita, tempat kita, habitat kita, tidak akan ada seseorang yang dapat menguasainya, namun al-Quds sebagai lading dan tanda ukuran umat ini. Jika umat ini meningkat perhatiannya, keadaan dan perkara serta adabnya, meningkat pula hubungannya dengan Tuhannya, maka Baitul Maqdis begitu pula. Jika keadaan umat dalam keadaan menurun dan lemah, maka Baitul Maqdis akan dikuasai oleh tangantangan dan kelompok-kelompok yang merebutnya hingga umat ini siap bangkit dari keterpurukannya

Download Makalah Lengkap : Al Quds: Makna dan Keberadaannya

Membedah Revolusi Mental dalam Perspektif Islam

Membedah Revolusi Mental dalam Perspektif Islam



Masjid Nurul Huda UNS, Solo- Bertempat di Masjid Nurul Huda, berlangsung Seminar Pemikiran dan Peradaban Islam pada Selasa (09/01). Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kaderisasi Ulama yang diselenggarakan oleh Universitas Darusalam Gontor dan Majelis Ulama Indonesia.

Sekitar 200 peserta dari kalangan mahasiswa dan umum memenuhi Ruang Seminar Masjid Nurul Huda untuk menyimak pemaparan berbagai tema seputar pemikiran dan peradaban Islam. Dalam seminar ini akan dibahas tiga judul yaitu : Worldview Islam dan Barat, Konsep revolusi Mental Perspektif Islam, dan Optimalisasi Lembaga Keuangan Islam.

Continue reading

Mengaji dan Berbagi Motivasi di Pondok Fasihul Qur’an

Mengaji dan Berbagi Motivasi di Pondok Fasihul Qur’an


Masjid Nurul Huda – Dalam perjalanan studi banding ke Jawa Timur yang dilakukan oleh Takmir Masjid Nurul Huda UNS pada Sabtu (13/01) sampai Ahad (14/01) kemarin, salah satu tempat yang dikunjungi adalah Yayasan Fasihul Qur’an Pasuruan. Dijamu di komplek yayasan yang juga asrama santri SMP BIC, Takmir Masjid Nurul Huda berkesampatan untuk mendapatkan tausyiyah dari Ust. Abdul Karim yang  juga merupakan Pembina Yayasan.

Dalam tausyiyahnya Beliau menyampaikan pesan kepada anggota rombongan yang juga aktivis masjid kampus agar senantiasa istiqomah dalam kebaikan. Selain itu agar senantiasa belajar utamanya ilmu agama untuk bekal baik kehidupan pribadi maupun kelak ketika sudah keluar dari dunia kampus. Karena, masih lanjut Beliau, kewajiban berdakwah tidak hanya berhenti saat selesai kuliah namun juga berlanjut saat kita hidup di masyarakat.

Selain mendengarkan tausyiyah dari Pembina Yayasan, rombongan Masjid Nurul Huda yang berjumlah 51 orang juga berkesempatan berbagi cerita dan motivasi kepada para santri BIC. Hilmy dan Mas’ud mahasiswa hafidz Qur’an UNS yang juga merupakan pengurus UKM Ilmu Al Qur’an menyampaikan motivasi  dan tips-tips singkat bagaimana menambah dan memelihara hafalan Al Qur’an.

Selain itu, Hilmy dan Mas’ud juga menyampaikan motivasi  untuk bagimana hafalan Al Qur’an bisa mendukung prestasi akademik mereka. Prestasi ini terbukti dengan berhasilnya mereka menembus kampus Universitas Sebelas Maret, salah satu kampus negeri terbaik di Indonesia.

Belajar Tata Kelola Perpustakaan Di Masjid Nasional AL Akbar Surabaya

Belajar Tata Kelola Perpustakaan Di Masjid Nasional AL Akbar Surabaya

Masjid Nurul Huda – Pustakawan Masjid Nurul Huda UNS mengikuti kegiatan studi banding yang dilaksanakan Takmir Masjid Nurul Huda Sabtu (13/01) sampai (14/01). Salah satu tempat yang dikunjungi adalah Perpustakaan Masjid Nasional Al AKbar Surabaya.

Kepala Perpustakaan Masjid Nurul Huda UNS Sri Hartini menyampaikan maksud dari kunjungan ini adalah mempelajari sistem tata kelola perpustakaan. Alasan dipilihnya Perpustakaan Masjid Nasional Al Akbar adalah karena persamaan status sebagai perpustakaan rumah ibadah.

Continue reading

Rihlah Ilmiah Masjid Nurul Huda UNS ke Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Rihlah Ilmiah Masjid Nurul Huda UNS ke Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Masjid Nurul Huda – Takmir Masjid Nurul Huda UNS mengadakan studi banding ke beberapa tempat dan instansi di Jawa Timur, Sabtu (13/01) sampai Ahad (14/01). Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, menjadi lokasi pertama yang dikunjungi.  Dalam kunjungan ini 50 orang personel dari Masjid Nurul Huda disambut oleh Direktur Tarbiyah dan Direktur Imarah Ijtimaiyah, dan beberapa Kabid di Ruang Aisyah Masjid Nasional Al Akbar.

Direktur Tarbiyah Masjid Nasional AL Akbar H.A. Hamid Syarif, dalam sambutannya menyampaikan beberapa pesan penting dalam pengelolaan masjid. Masjid adalah bagian penting dari peradaban Islam, jadi tidak hanya sebagai tempat ibadah tetapi masjid juga harus menjadi tempat pendidikan bagi ummat.

Continue reading

Semarak Akhir Tahun Bersama Al-Qur’an

Semarak Akhir Tahun Bersama Al-Qur’an

NURULHUDAUNS, SOLO – Menutup agenda di tahun 2017, Masjid Nurul Huda UNS menyelenggarakan kegiatan Camping Qur’an Sabtu (30/12) sampai Senin (01/01). Dengan jumlah peserta (-/+) 500 orang yang beragam usia, mulai dari usia 4 tahun hingga 66 tahun. Dengan acara Camping Qur’an inilah, harapannya para peserta lebih bersemangat untuk dekat dengan Al-Qur’an dan bertambah pula kecintaan terhadap Al-Qur’an.

Mengusung tema “Parade Imam Nusantara” Camping Qur’an akhir tahun ini terselenggara dengan baik. Menghadirkan pembicara-pembicara spesial yang telah dikenal sebagai qori dan imam muda darai berbagai daerah di Indonesia seperti: Ust. Salim Bahanan, Ust. Istihsan Al-Fuadhaily, Ust. Abdul Aziz Maarif dan Ust. Ahmad Yasin.

Continue reading

Gaung Cinta Negeri dari Taman Pendidikan Al Qur’an

Gaung Cinta Negeri dari Taman Pendidikan Al Qur’an

Masjid Nurul Huda, Solo – Seribuan santri Taman Pendidikan Al Qur’an memenuhi aula utama masjid Nurul Huda, Senin (25/12) kemarin. Kehadiran mereka sedari pagi adalah untuk mengikuti Silaturahmi Santri TPQ “Indonesia Mendongeng” yang telah memasuki tahun kelima pelaksanaan.

Kegiatan Indonesia Mendogeng tahun ini mengambil tema Santri TPQ Cinta Negeri. Dihadiri oleh Muspika Jebres, kegiatan ini dibuka oleh perwakilan Kantor Urusan Agama Kecamatan Jebres. Dalam sambutannya, Kasmiyanto yang mewakili Kepala KUA Jebres menyampaikan apresiasinya pada kegiatan ini yang diharapkan mampu membumikan nilai-nilai Al Qur’an dalam keseharian santriwan santriwati TPQ.

Continue reading