Tabligh Akbar Syiar Dakwah Nusantara

Tabligh Akbar Syiar Dakwah Nusantara

Ribuan jamaah yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar memenuhi aula utama Masjid Nurul Huda UNS, Selasa 13 Oktober 2015. Kehadiran mereka di sana dalam rangka mengikuti tabligh akbar yang mengangkat tema “Syiar Dakwah Nusantara”. Acara yang dimulai pukul 20.00 WIB ini menghadirkan pembicara DR Tiar Anwar Bakhtiar, Ketua Umum Pemuda Persatuan Islam (PERSIS) yang juga merupakan seorang sejarawan. Pembicara kedua dalam tabligh akbar ini adalah Rachmad Abdullah, seorang alumni UNS yang barusaja meluncurkan bukunya, Trilogi Revolusi Islam Tanah Jawa.

Rachmad Abdullah dalam paparannya menyampaikan bagaimana proses Islamisasi yang terjadi di Kepulauan Nusantara. Dimulai dari proses masuknya Islam hingga bagaimana ajaran agama ini mewarnai masyarakat di kepulauan ini.

Sementara DR Tiar menyampaikan pentingnya bagi setiap bangsa untuk mempelajari sejarahnya masing-masing. Tidak ada sebuah peradaban yg akan maju, bahkan berkembang apabila ia telah putus dari sejarah masa lalunya. DR Tiar juga berpesan kepada para peserta tabligh akbar agar sebagai seorang Muslim kita belajar agama dan menjadikannya bingkai saat mempelajari sejarah. Karena belajar sejarah bukanlah untuk masa yang lalu, kita belajar sejarah untuk melangkah ke masa depan, lanjut Beliau.

Acara yang juga merupakan rangkaian pendukung acara  Gerakan Subuh Jamaah Nasional yang akan dilaunching secara Nasional di Masjid Nurul Huda UNS. Pada tabligh akbar ini juga dilaksanakan qiyamul lail dan kuliah subuh.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *