Rihlah Ilmiah Masjid Nurul Huda UNS ke Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Rihlah Ilmiah Masjid Nurul Huda UNS ke Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Masjid Nurul Huda – Takmir Masjid Nurul Huda UNS mengadakan studi banding ke beberapa tempat dan instansi di Jawa Timur, Sabtu (13/01) sampai Ahad (14/01). Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, menjadi lokasi pertama yang dikunjungi.  Dalam kunjungan ini 50 orang personel dari Masjid Nurul Huda disambut oleh Direktur Tarbiyah dan Direktur Imarah Ijtimaiyah, dan beberapa Kabid di Ruang Aisyah Masjid Nasional Al Akbar.

Direktur Tarbiyah Masjid Nasional AL Akbar H.A. Hamid Syarif, dalam sambutannya menyampaikan beberapa pesan penting dalam pengelolaan masjid. Masjid adalah bagian penting dari peradaban Islam, jadi tidak hanya sebagai tempat ibadah tetapi masjid juga harus menjadi tempat pendidikan bagi ummat.

Takmir masjid, juga harus mampu menjaga kepercayaan jamaah. Ini penting agar Masjid dapat berkembang dalam pengelolaan program. Selain itu profesionalitas lembaga juga diperlukan untuk mendukung kepercayaan jamaah, lanjut beliau.

Sementara KH. Ilhamullah Sumarkhan menyampaikan berbagai event yang dilaksanakan di Masjid Nasional Al Akbar. Salah satu yang menarik adalah rutinnya kegiatan Tahajud Berjamaah setiap bulan yang diikuti oleh ribuan jamaah dari berbagai daerah di Surabaya dan sekitarnya.

Dalam kunjungna ini Takmir Masjid Nurul Huda juga menyempatkan untuk berkeliling ke berbagai unit yang ada di Masjid Nasional Al Akbar seperti  Perpustakaan, Poliklinik, Unit Pelayanan Terpadu dan Radio.

Kunjungan ini diikuti oleh perwakilan Kantor Takmir,Lazis UNS, Perpustakaan Masjid NH,  JN UKMI, UKM Ilmu Al Qur’an dan Biro Asisitensi Agama Islam. Dengan kunjungan ini diharapkan Takmir Masjid Nurul Huda dan berbagai elemen yang ada di dalamnya dapat beroleh inspirasi dalam pengelolaan program dan manajemen masjid.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *