UNS Mencetak Generasi Qur’ani Melalui GEMMA

Jum’at (27/12), bertempat di Ruang Seminar Masjid Nurul Huda Islamic Center UNS telah dilaksanakan wisuda Gerakan Mahasiswa Menghafal Al Qur’an (GEMMA). Wisuda angkatan pertama ini diikuti oleh 72 mahasiswa yang bergabung dalam program tahsin dan tahfidz. Mereka berasal dari seluruh program studi di semua fakultas di UNS, baik D3, S1 maupun S2.

“Acara wisuda ini diselenggaran sebagai apresiasi kepada para peserta GEMMA yang sudah lulus mengikuti program yang dipilih,” kata Ihsan, koordinator Humas GEMMA.

Wisuda yang dibuka dengan tasmi’ Al Qur’an dari salah satu peserta GEMMA ini berlangsung dengan lancar. Selain pengukuhan kelulusan, dalam acara itu juga diumumkan para peserta yang meraih penghargaan. Mereka adalah Arvin Afriansyah (FK) dan Yeni Puspitasari (FSSR) sebagai peserta tahfidz terbaik serta Idham Y (FT) dan Khoirotul Faizah (pascasarjana) sebagai peserta tahsin terbaik.

“Penghargaan ini kami berikan sebagai bentuk dukungan dan motivasi bagi para peserta,” tambah Ihsan di sela-sela acara.

Dalam acara tersebut turut hadir Rektor UNS, Prof. Dr. H. Ravik Karsidi, MS, Pembantu Rektor l uns, Prof. Drs. Sutarno, M.Sc, Ph.D, dosen, dan takmir Masjid Nurul Huda UNS. Rektor UNS memberikan tanggapan positif dengan adanya wisuda GEMMA ini. Mengingat bahwa UNS merupakan satu-satunya universitas di Indonesia yang menggagas Gerakan Mahasiswa Menghafal Al Qur’an tersebut.

“Semoga UNS bisa semakin sejuk dengan hadirnya para hafidz dan hafidzah di universitas tercinta kita. Saya sangat bahagia para mahasiswa mempunyai semangat menghafal Al Qur’an. Saya berharap kegiatan ini bisa menginspirasi teman-teman mahasiswa yang lain,” kata Prof. Ravik dalam sambutannya.

Rektor UNS juga menyampaikan bahwa nantinya GEMMA akan dijadikan salah satu UKM resmi di UNS. Melihat bahwa gerakan ini bisa mendatangkan banyak manfaat, utamanya bagi para mahasiswa Islam di lingkungan UNS.

“Tentu akan sangat bagus jika para mahasiswa tidak hanya pintar secara akademis tapi juga bisa berakhlak mulia. Saya rasa GEMMA bisa menjadi sarana untuk mewujudkan cita-cita tersebut,” pungkas Rektor dalam sambutannya.

Acara ditutup dengan pemberian sertifikat kepada para peserta serta hadian untuk para peraih penghargaan oleh Rektor UNS. Para peserta yang berkostum putih pun maju untuk menerima tanda kelulusan. Hingga acara berakhir dengan foto bersama.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *