Belajar Tata Kelola Perpustakaan Di Masjid Nasional AL Akbar Surabaya

Belajar Tata Kelola Perpustakaan Di Masjid Nasional AL Akbar Surabaya

Masjid Nurul Huda – Pustakawan Masjid Nurul Huda UNS mengikuti kegiatan studi banding yang dilaksanakan Takmir Masjid Nurul Huda Sabtu (13/01) sampai (14/01). Salah satu tempat yang dikunjungi adalah Perpustakaan Masjid Nasional Al AKbar Surabaya.

Kepala Perpustakaan Masjid Nurul Huda UNS Sri Hartini menyampaikan maksud dari kunjungan ini adalah mempelajari sistem tata kelola perpustakaan. Alasan dipilihnya Perpustakaan Masjid Nasional Al Akbar adalah karena persamaan status sebagai perpustakaan rumah ibadah.

Sementara Kepala Bidang perpustakaan Masjid Nasioanal Al Akbar , H.A. Ahmad Syarif menyampaikan Perpustakaan Masjid Nasional Al Akbar berada di bawah Direktorat Tarbiyah. Perpustakaan ini mempunyai 5 staff  terdiri dari Bidang pengelolaan koleksi, layanan perpustakaan, ahli IT Perpustakaan, Perpustakaan Anak dan juga Kepala Bidang Perpustakaan.

Jumlah koleksi yang telah terkelola di perpustakaan sebanyak 12.000 eksemplar buku yang terdiri dari buku-buku islam, kitab terjemahan maupun kitab Bahasa arab, kumpulan khutbah terbitan dari masjid al akbar Surabaya dan juga koleksi majalah serta koran.Sumber koleksi yang ada di perpustakaan masjid nasional al akbar merupakan dana dari sumber mandiri maupun donasi dari berbagai pihak.

Berbeda dengan layanan Perpustakaan Masjid Nurul Huda yang sudah melayani peminjaman untuk dibawa pulang ,  untuk koleksi buku di Perpustakaan Masjid Al Akbar hanya bisa dibaca di area perpustakaan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *