Membedah Revolusi Mental dalam Perspektif Islam

Membedah Revolusi Mental dalam Perspektif Islam



Masjid Nurul Huda UNS, Solo- Bertempat di Masjid Nurul Huda, berlangsung Seminar Pemikiran dan Peradaban Islam pada Selasa (09/01). Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kaderisasi Ulama yang diselenggarakan oleh Universitas Darusalam Gontor dan Majelis Ulama Indonesia.

Sekitar 200 peserta dari kalangan mahasiswa dan umum memenuhi Ruang Seminar Masjid Nurul Huda untuk menyimak pemaparan berbagai tema seputar pemikiran dan peradaban Islam. Dalam seminar ini akan dibahas tiga judul yaitu : Worldview Islam dan Barat, Konsep revolusi Mental Perspektif Islam, dan Optimalisasi Lembaga Keuangan Islam.

Dalam sambutannya, Takmir Masjid Nurul Huda menyampaikan apresiasi yang mendalam atas penyelenggaraan kegiatan ini yang telah memasuki tahun ke 4 kerjasama antara Masjid Nurul Huda dan Universitas Gontor.

Sementara Ahmad Taufik, mewakili Universitas Darusalam Gontor menyampaikan bahwa para pemateri dalam kegiatan ini merupakan para peserta Program Kaderisasi Ulama angkatan ke 11, yang memang dipersiapkan untuk menjadi calon-calon ulama di masa depan.

Program Kaderisasi Ulama (PKU) Gontor pada awalnya dicanangkan oleh Majelis Ulama Indonesia. Para peserta dibina dengan memfokuskan pada tiga hal: Pertama, pendalaman ulang konsep-konsep fundamental dalam worldview Islam yang relevan uantuk menghadapi tantangan dakwah kontemporer. Kedua, mengenal dan mendalami metodologi, konsep-konsep, teori dan bahkan argumentasi dari faham pluralisme, leberalisme, dan sekularisme agama. Ketiga, teknik dan metode berargumentasi dalam menghadapi faham-faham tersebut di atas.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *