Al Quds : Keberadaan dan Maknanya

Al Quds : Keberadaan dan Maknanya

Masjid Nurul Huda UNS – Takmir Masjid Nurul Huda UNS bekerjasama dengan Majelis Muwasholah Baina Ulama Al Muslimin (Forum Silaturahmi Antar Ulama) menyelenggarakan Kajian Dakwah Ilmiah dengan menghadirkan ulama asal Yordania Syekh Aun Al Qoddumiy dari Yordania. Hampir 200 jamaah dari kalangan civitas akademika UNS dan umum mengikuti kajian yang mengambil tema “Al Quds : Keberadaan dan Maknanya” ini.

Syekh Aun Al Qoddumiy dalam kajiannya memaparkan hakikat dan makna  keberadaan Al Quds, Baitul Maqdis dan Masjid Al Aqsa yag mempunyai kisah panjang dari awal hingga akhir zaman. Karena Allah telah menjadikan Al Quds sebagai markas perubahan. Al Quds merupakan kota tempat dilahirkan dan singgahnya Nabi-Nabi pilihan.

Al-Quds merupakan penanda ukuran kodisi yang terjadi pada umat ini. Jika umat ini meningkat perhatiannya, keadaan dan perkara serta adabnya, meningkat pula hubungannya dengan Tuhannya, maka Baitul Maqdis begitu pula. Jika keadaan umat dalam keadaan menurun dan lemah, maka Baitul Maqdis akan dikuasai oleh tangantangan dan kelompok-kelompok yang merebutnya hingga umat ini siap bangkit dari keterpurukannya.

Syekh Aun Al Qoddumiy adalah ulama muda ahlus sunah dari Yordania. Beliau memimpin Lembaga Studi Syariah Al Ma’arij di Kota Amman Yordania. Belajar kepada sejumlah ulama ahlus sunnah dengan sanad keilmuan sampai kepada Rasulullah SAW dalam bidang syariah, akhlaq dan metode dakwah. Sementara pendidikan formal sarjana diselesaikan di Universitas Yordania dan master di Universitas Islam Libanon. Sebagai penerjamah dalam kajian ini adalah Habib Umar bin Husin Assegaf dari Surakarta.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *