Universitas Sebelas Maret Selenggarakan Tarhib Ramadhan

Universitas Sebelas Maret Selenggarakan Tarhib Ramadhan

Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan Tarhib Ramadhan Senin (14/05) untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan yang akan hadir beberapa hari lagi. Bertempat di auditorium UNS, kegiatan ini diikuti oleh ratusan civitas akademika UNS. Kegiatan yang juga dihadiri oleh Rektor UNS, Prof. Ravik Karsidi ini mengambil tema “Mengoptimalkan Aplikasi Impementasi UNS ACTIVE dengan Spirit Ramadhan. Menjadi pembicara dalam kegiatan ini Dekan Fakultas Kedokteran Prof Hartono.

Dalam materi kajian yang disampaikan Prof Hartono menyampaikan materi tentang puasa Ramadhan dan Manajemen Stres. Beberapa penelitian tentang hubungan puasa di bulan Ramadhan dan stres menunjukkan bahwa tingkat depresi, kecemasan, ketakutan berlebihan, sulit tidur dan terlalu sensitif perlahan lahan berkurang saat berpuasa.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa hormon stres (cortisol, adrenalin dan noradrenalin) yang merupakan pengontrol emosi, menjadi stabil saat dan sesudah berpuasa di bulan Ramadhan. Insya Allah dengan berpuasa di bulan Ramadhan bisa merubah distres menjadi eustres sehingga kinerja kita meningkat dan implementasi budaya active di UNS bisa lebih optimal.

Bebrapa saran yang disampaikan pembicara untuk mengisi Ramadhan dengan taat beribadah (kususnya Sholat dan Puasa), menjaga kondisi tubuh dengan cara mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna, tidur dan istirahat yang cukup, melakukan olah raga aerobik secara teratur, selalu berfikir positif, melakukan hobi yg positif dan bergembira serta tetap bersosialisasi dengan lingkungan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *