Training Da’i dan Da’iyah Muda Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Training Da’i dan Da’iyah Muda Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

 

tdm

Masjid Nurul Huda UNS bekerjasama dengan Biro Asistensi Agama Islam mengadakan kegiatan training Da’i dan Da’iyah untuk mahasiswa UNS, khususnya asisten MKU Agama Islam. Bertempat di Ruang Seminar Masjid Nurul Huda, Ahad 27 April 2014, Ketua Presidium Masjid Nurul Huda UNS Prof. Dr. Sutarno, M.Sc, Ph.D secara resmi membuka kegiatan ini.

Pada pertemuan perdana ini, menjadi pembicara pertama adalah Rektor UNS Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS yang memberikan materi tentang Kompetensi dan Tanggung Jawab Petugas Dakwah. Prof. Ravik menyampaikan bahwa menjadi kewajiban setiap Muslim untuk terlibat dalam aktifitas dakwah. Hanya saja yg perlu diperhatikan khususnya mahasiswa yang merupakan kalangan intelektual, ada kompetensi yang harus dimiliki Petugas Dakwah. Antara lain, ilmu dan metodologi, kepribadian, sosial dan profetik. Dengan kompetensi ini diharapkan materi dakwah yang diberikan menjadi berkualitas.

Materi kedua pada pertemuan ini disampaikan oleh Prof. Drs. Joko Nurkamto dengan tema Struktur Wacana Dakwah. Tema ini dimaksudkan agar para peserta pelatihan mampu menyampaikan materi dakwah yang terstruktur.

Dengan mengambil tema ”Menjadi Dai Sejati Menuju UNS Islami” diharapkan peserta pelatihan mampu memiliki bekal teori dan pengetahuan tentang khutbah dan dakwah. Oleh karena itu metode yang disampaikan pada pelatihan kali ini dengan metode ceramah, dialog/ diskusi, simulasi khutbah dan praktik langsung di lapangan. Pelatihan ini akan berlangsung dalam 4 pertemuan sepanjang April – Mei 2014 ini. Kegiatan ini disambut antusias oleh Mahasiswa UNS, hanya saja dalam rangka menjaga kualitas dan efektifitas pelatihan, panitia membatasi jumlah peserta hanya 100 orang. Suwarto A.Md, selaku pelaksana harian Masjid Nurul Huda menyampaikan bahwa kegiatan ini akan menjadi agenda tetap dan berkala Masjid Nurul Huda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *